Jumat 03 Feb 2023 21:01 WIB

Motif Terdepaknya Ilhan Omar, Dendam Politik di Balik Pernyataan Anti-Semit?

Muslimah Ilhan Omar terdepak dari Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Muslimah Ilhan Omar terdepak dari Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat .
Foto: AP/J. Scott Applewhite
Muslimah Ilhan Omar terdepak dari Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat .

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC – Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari Partai Republik menggulingkan anggota Demokrat, Ilhan Omar, dari komite profil tinggi. 

Langkah ini diambil menanggapi pernyataannya yang secara luas dikutuk sebagai anti-Semit, dua tahun setelah Demokrat mencopot dua Republikan dari penugasan komite. 

Baca Juga

"Saya seorang Muslim, saya seorang imigran dan, yang menarik, saya berasal dari Afrika," kata wanita progresif berusia 40 tahun dari Minnesota itu, dalam pidato menantang menjelang pemecatannya dari Komite Urusan Luar Negeri. 

"Apakah ada yang terkejut saya menjadi sasaran? Apakah ada yang terkejut saya dianggap tidak layak untuk berbicara tentang kebijakan luar negeri Amerika?" lanjutnya. 

DPR Amerika Serikat terpecah belah dengan memberikan suara 218-211, saat memutuskan untuk mengeluarkan Omar dari Komite Urusan Luar Negeri. 

Partai Republik mengutip pernyataannya pada 2019 yang kemudian dia telah minta maaf. Hanya satu orang dari Republikan yang memilih "hadir". 

Omar, yang tiba di Amerika Serikat sebagai pengungsi dari Somalia, adalah satu-satunya anggota Kongres kelahiran Afrika dan satu-satunya Muslimah di DPR Amerika Serikat. Dia akan menjadi Demokrat teratas di subkomite Afrika untuk panel urusan luar negeri. 

Partai Republik, yang memenangkan suara mayoritas tipis DPR dalam pemilihan November setelah bertahun-tahun menjadi minoritas, mengatakan mereka menginginkan Omar, anggota DPR periode ketiga, keluar dari Komite Luar Negeri. 

Salah satu pernyataan yang dianggap 'bermasalah' terjadi pada 2019, yang mana dia menulis sebuah unggahan di Twitter berbunyi, "Ini semua tentang bayi Benjamins." Hal ini menunjukkan pendukung Israel dalam politik Amerika Serikat dimotivasi uang daripada prinsip. 

Benjamin Franklin, yang tanda tangannya pada Deklarasi Kemerdekaan 1776 dan Konstitusi Amerikat Serikat 1787 memberinya reputasi sebagai bapak pendiri, digambarkan pada uang kertas 100 dolar AS. 

Baca juga: Mualaf Prancis William Pouille, Kecintaannya kepada Arab Saudi Mengantarkannya ke Islam

"Kata-kata penting, retorika penting. Itu mengarah pada bahaya. Anggota kongres dimintai pertanggungjawaban atas kata-kata dan tindakannya," ujar salah satu representasi dari Partai Republik, Mike Lawler, selama proses debat di DPR. 

Omar dan Demokrat lainnya mengatakan pernyataan itu dibuat bertahun-tahun yang lalu. Dia juga telah menghapus unggahan tersebut dan meminta maaf pada saat itu juga. 

Dilansir di TRT World, Jumat (3/2/2023), Omar mengatakan di masa lalu, pasukan Amerika Serikat dan negara-negara lain harus memiliki standar akuntabilitas yang sama ketika tindakan mereka melukai atau membunuh warga sipil. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement