Rabu 01 Feb 2023 16:16 WIB

PAN: Toleransi Beragama Harus Terus Dijaga

Toleransi adalah kunci keberlangsungan hidup.

Viva Yoga Mauladi mengecam aksi pembakaran Alquran.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Viva Yoga Mauladi mengecam aksi pembakaran Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengajak masyarakat untuk terus menjaga toleransi dalam beragama.

"Ini menjadi modal dasar dalam memperkuat persatuan nasional dan mempertebal kekohesifan sosial," kata Viva dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

Toleransi beragama harus dijaga, kata dia, karenademokrasi Pancasila dilandasi nilai-nilai religiusitas sehingga membentuk masyarakat religius.Viva menyampaikan hal itu berkaitan dengan tindakan tidak terpuji Rasmus Paludan, Pemimpin Partai Politik Sayap Kanan Denmark Garis Keras di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm. Viva mengatakan aksi protes atas sikap Paludan adalah hal yang wajar, tapi harus dilakukan dengan tertib, menjaga moralitas, dan etika.

"Mari kita tunjukkan bahwa umat Islam Indonesia adalah masyarakat yang inklusif, rasional, moderat, menghargai nilai kemanusiaan, dan kemajemukan," kata dia.

 

Menurut Viva, PAN mengecam keras tindakan Paludan yang menebarkan kebencian terhadap umat Islam yang mengatasnamakan kebebasan demokrasidengan membakar Alquran. Hal tersebut, kata Viva, adalah tindakan yang tidak bermoral, tidak etis, dan melanggar HAM. Ia mengatakansikap kebencian dan anti-Islam dengan mengatasnamakan kebebasan pribadi di ruang demokrasi adalah pemikiran sesat.

Dia mengatakan kebebasan berpendapat dan berekspresi dalam hidup berdemokrasi haruslah berlandaskan pada nilai etis dan kemanusiaan."Hal ini kemudian akan melahirkan sikap bertanggung jawab. Tindakan Ramus itu cerminan sikap intoleran, antipluralitas, dan antikemanusiaanyang nilai-nilai tersebut justru bertentangan dengan prinsip dasar demokrasi," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement