Senin 30 Jan 2023 22:45 WIB

Sambut Hari Persaudaraan Manusia, Majelis Hukama Muslimin Gelar Rangkaian Program

Majelis Hukama Muslimin kampanyekan Islam wasathiyah sambut Hari Persaudaraan Manusia

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin, TGB M Zainul Majdi, menyebutkan MHM akan kampanyekan Islam wasathiyah sambut Hari Persaudaraan Manusia
Foto:

Menurutnya, toleransi kalau tidak dimaknai dengan baik, akan bisa menumbuhkan sikap eksklusif. Masing-masing memikirkan dirinya dan kelompoknya, sebatas tidak mengganggu tapi juga tidak peduli. 

“Untuk membangun dunia yang baik, membangun peradaban yang membawa maslahat untuk manusia, toleransi tidak cukup hanya menghormati orang berbeda, tapi harus beralih pada semangat untuk bekerja sama," ujarnya. 

TGB menambahkan, dalam semangat peringatan Hari Persaudaraan Manusia, MHM mengajak semua pihak untuk keluar dari ruang privasinya ke ruang umum, memperbanyak ruang perjumpaan, dan untuk membicarakan masalah bersama. 

Menurutnya, dokumen Abu Dhabi bukan semata meneguhkan toleransi, tapi disusun untuk membangun kerja sama. Karena itu, di dalamnya dibahas bagaimana masalah-masalah konkret kemanusiaan bisa ditangani oleh semua umat beragama. 

Sejumlah masalah yang disebut antara lain tentang kaum termarjinalkan di dunia, anak dan perempuan korban perang yang jumlahnya jutaan, serta kelompok yang tidak mendapatkan hak asasinya atas nama apapun. 

“Apa yang agama bisa lakukan? Apa bentuk kerja sama konkret kita? Dokumen Abu Dhabi tidak hanya pernyataan untuk saling menghormati, tapi juga ajakan untuk membangun kerja sama konkret menangani masalah kemanusiaan termasuk kemiskinan, masalah kaum perempuan dan anak-anak," ujarnya.

TGB mengatakan, luar biasa pencapaian teknologi manusia, tapi nilai kemanusiaan saat ini mengalami defisit dan bahkan hampir hilang. 

 

"Mari dengan semangat Dokumen Abu Dhabi, kita membangun kerja sama konkret untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan," kata TGB.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement