Sabtu 07 Jan 2023 05:10 WIB

Netanyahu Terkejut dengan Reaksi Keras Dunia Terhadap Kunjungan Menterinya ke Al Aqsa

Kunjungan Netanyahu ke UEA dibatalkan.

Perdana Menteri Israel yang ditunjuk Benjamin Netanyahu menyesuaikan topi tengkoraknya setelah berbicara pada sesi khusus Knesset, parlemen Israel, untuk menyetujui dan bersumpah dalam pemerintahan baru, di Yerusalem Kamis, 29 Desember 2022. Netanyahu Terkejut dengan Reaksi Keras Dunia Terhadap Kunjungan Menterinya ke Al Aqsa
Foto:

Ben-Gvir akan bekerja untuk mempersingkat masa pemerintahan Netanyahu. “Setelah dua minggu dia akan menuntut legalisasi 49 pos permukiman ilegal yang didirikan di tanah Palestina di Tepi Barat. Jadi apa yang akan dilakukan Netanyahu?”

Pakar Israel mengatakan Netanyahu saat ini fokus menangani kasus korupsi terhadapnya yang melemahkan posisinya. Namun, Dana Ben-Shimon, seorang koresponden untuk Israel Today, mengatakan kepada Arab News bahwa Netanyahu dan para menterinya terkejut dengan kecaman atas kunjungan Ben-Gvir.

Dia menambahkan pemerintah akan mengadakan pertemuan membahas apakah akan mengizinkan menteri untuk masuk Al Aqsa lagi. “Netanyahu adalah perdana menteri selama 10 tahun, dan tidak mengunjungi Al-Aqsa karena dia menyadari kunjungannya akan menimbulkan kemarahan besar-besaran,” kata Ben-Shimon.

Netanyahu juga akan memperhatikan reaksi Yordania terhadap kunjungan itu saat ia berupaya memperbaiki hubungan yang sulit dengan Yordania. Secara terpisah, pihak berwenang telah membebaskan tahanan Palestina Karim Younis (66 tahun) dari penjara di Israel setelah 40 tahun ditahan.

Atas permintaan Ben-Gvir, pihak berwenang meninggalkan Younis di jalan untuk mencegah sambutan resmi apa pun untuknya di pintu masuk penjaranya di utara Tel Aviv. Menteri Dalam Negeri Israel Aryeh Deri mengatakan dia bermaksud mencabut kewarganegaraan Israel Younis. Dalam peristiwa seperti itu, dia akan dikirim untuk tinggal di Tepi Barat.

Younis mengunjungi makam orang tuanya, yang meninggal saat dia di penjara, dan mengatakan dia siap berkorban 40 tahun lagi untuk kebebasan rakyat Palestina. Sementara itu, tentara Israel telah memberi tahu pejabat Palestina tentang rencana mereka untuk memindahkan paksa lebih dari 1.000 penduduk, termasuk 500 anak-anak, di daerah Masafer Yatta di selatan Hebron di selatan Tepi Barat, menurut organisasi hak asasi manusia.

Pasukan Israel membunuh seorang warga Palestina berusia 16 tahun, Amer Abu Zeitoun, pada Kamis dalam serangan di Nablus. Pembunuhan itu membuat empat, termasuk tiga anak, jumlah warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel pada minggu pertama Januari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement