Ahad 25 Dec 2022 16:57 WIB

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Eks Sekjen MUI Wafat

Sosoknya dikenal sebagai Sekjen yang mumpuni karena paham seluk beluk organisasi MUI.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Fakhruddin
Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Eks Sekjen MUI Wafat (ilustrasi).
Innalillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, Eks Sekjen MUI Wafat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Innalillahi wa Innailaihi rojiun. Umat Islam Indonesia kembali berduka, khususnya di lingkungan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mantan Sekretaris Jenderal MUI, H Muhammad Ichwan Sam wafat di Rumah Sakit Mayapada Bogor lada Ahad (25/12) sekitar pukul 11.00 WIB. 

Sekjen MUI periode 2005-2015 ini meninggal dunia setelah lama menderita penyakit stroke sejak 2015. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden pada Senin (26/12) pukul 07.00 WIB.

Baca Juga

Ichwan Sam atau kerap disapa Pak Ichwan menjadi Sekjen MUI setelah Prof Din Syamsuddin dan sebelum Buya Anwar Abbas. Sosoknya dikenal sebagai Sekjen yang mumpuni karena paham seluk beluk organisasi MUI.

Bahkan, Wakil Ketua Umum MUI saat ini, Buya Anwar Abbas menyebut Pak Ichwan sebagai guru dalam berorganisasi sekaligus organisator yang baik.

 

“Pak Ichwan adalah seorang administrator yang baik dan beliau adalah guru saya dalam berorganisasi, ” ujar Buya Anwar dikutip dari laman resmi MUI, Ahad (25/12).

Di tengah kondisi MUI yang dulu tidak mendapatkan APBN dari pemerintah, Pak Ichwan dikenal lincah merancang program MUI melalui kolaborasi antar lembaga. Di lingkungan sekretariat MUI, Pak Ichwan begitu terkenal karena kepandaiannya meracik sebuah kegiatan dan melibatkan tim sekretariatan dari yang muda sampai sepuh untuk aktif.

Sistem persuratan di dalam MUI yang begitu rapi juga dirancang pada era Pak Ichwan. Pak Ichwan bahkan rutin terjun langsung membimbing staff sekretariat dalam merancang surat keputusan, undangan, maupun dokumen penting MUI yang lain. Kepiawaian Pak Ichwan mengelola kesekretariatan itu tidak lepas dari pengalaman panjangnya menjadi wartawan Pelita.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement