Ahad 25 Dec 2022 15:03 WIB

Sinergi Foundation Raih Penghargaan Program Ekonomi Terbaik di Zakat Awards 2022

Program Sinergi Foundation yang dapat penghargaan adalah program Fishbank Indonesia

Sinergi Foundation raih penghargaan program Ekonomi Terbaik  di Zakat Awards 2022.
Foto: Rumah Zakat
Sinergi Foundation raih penghargaan program Ekonomi Terbaik di Zakat Awards 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat (FOZ) sebagai rumah besar bagi gerakan zakat Indonesia mengadakan kegiatan bertemakan Indonesia Giving Festival-Zakat Expo 2022. Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai lembaga zakat di Indonesia tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 23-24 Desember bertempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut menyuguhkan berbagai macam rangkaian acara mulai dari Expo Program Pemberdayaan, Zakat Awards, talkshow, seminar, live donation, Gebyar Sembako hingga food festival. Tak lupa terdapat 55 buah booth program organisasi pengelola zakat yang ikut memeriahkan acara tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Umum Forum Zakat (FOZ), Bambang Suherman, acara tersebut diadakan memiliki tujuan untuk memperkenalkan dinamika gerakan zakat kepada masyarakat secara umum dan tentunya kepada para pengunjung yang lebih luas.

“Ada dua tujuan besar mengapa kita menyelenggarakan eksebisi di akhir tahun ini, yang pertama tentu saja untuk lebih mengakrabkan lembaga-lembaga zakat, produk-produk dari lembaga zakat, para amil yang berkiprah dalam menunaikan dinamika gerakan zakat kepada masyarakat yang lebih luas. Yang kedua, dengan adanya acara ini para pengelola zakat tidak hanya bertemu dan mengenalkan hal-hal yang bersifat permukaan saja, maka 2 hari ini kita bisa tahu produk-produk dari lembaga zakat yang ikut terlibat, bisa saling melihat, mengukur dan tentu harapannya bisa saling belajar,” tutur Bambang Suherman saat menyampaikan sambutan pembukaan Indonesia Giving Festival-Zakat Expo 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jumat (23/12/2022), dalam siaran pers.

Dalam acara penyerarahan Zakat Awards 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jumat (23/12/2022). Sinergi Foundation menerima penghargaan sebagai Program Ekonomi Terbaik dalam Zakat Awards 2022 dalam kategori pengelola zakat skala provinsi. Program Sinergi Foundation yang mendapatkan penghargaan tersebut yakni program Fishbank Indonesia (Maritim Berdaya Indonesia Berjaya).

Penghargaan tersebut diberikan kepada organisasi pengelola zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) di Indonesia yang telah berperan aktif dalam memberikan kontribusi nyata dalam menjawab pembangunan masyarakat dan dalam hal mengentaskan masalah kemiskinan melalui program-program yang diusung melalui Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf.

Dalam penyerahan penghargaan tersebut tidak hanya program ekonomi saja, melainkan terdapat beberapa program lain yang diberikan seperti sosial/kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, dan program dakwah. Dan dibagi menjadi tiga kategori yakni skala nasional, skala provinsi, dan skala kota/kabupaten.

Sebelum ditetapkan sebagai penerima penghargaan, seluruh lembaga zakat telah melalui berbagai tahapan penilaian dari para juri, di antaranya penilaian berkas, subtansi umum dan presentasi online. Pun untuk Sinergi Foundation telah melalui seluruh rangkaian penilaian untuk program Fishbank Indonesia (Maritim Berdaya Indonesia Berjaya) sebelum akhirnya ditetapkan sebagai penerima penghargaan.

Program Fishbank Indonesia (Maritim Berdaya Indonesia Berjaya) adalah sebuah program pemberdayaan nelayan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui aktivitas pelestarian ekosistem laut. Istilah Fishbank sendiri merupakan rumah ikan yang dirancang dari pelepah kelapa dan bambu yang membentuk sekat seperti apartemen.

Fishbank persis menyerupai habitat ekosistem bawah laut, dan terdiri dari sekat-sekat yang bermanfaat untuk melindungi telur dan larva serta anak-anak ikan, sekaligus menjadi tempat berkumpulnya berbagai jenis ikan.

Penghargaan yang diterima tersebut dijadikan motivasi dan penyemangat bagi Sinergi Foundation untuk ke depannya dalam menciptakan program-program lain yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

Walaupun kontribusi zakat di Indonesia masih sangat kecil, diharapkan dengan adanya Sinergi Foundation dan lembag-lembaga zakat lainnya yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) dapat turut andil dalam ikut mengelola kemiskinan di Indonesia dan mengoptimalkan potensi dengan berbagai masing-masing produk yang dikembangkan.

Sinergi Foundation (SF) sendiri merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement