Senin 19 Dec 2022 14:35 WIB

Pesan Muhasabah dan Istighatsah MUI untuk Umat di Akhir 2022

Jangan sampai mengisi akhir tahun dengan kemaksiatan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam melaksanakan shalat Dzuhur di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (9/7/2022). Pesan Muhasabah dan Istighatsah MUI untuk Umat di Akhir 2022
Foto:

Habib Nabil mengatakan, MUI adalah payung dari ormas Islam karena MUI gabungan dari ormas-ormas Islam. Di dalamnya ada Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Rabithah Alawiyah, Persis, Al Irsyad, PUI dan lain sebagainya.

"Kita menginginkan pesan-pesan yang disampaikan dalam muhasabah dan istighatsah ini mewakili ormas-ormas juga. Makanya MUI mengundang Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Irsyad dan yang lainnya. Saya sendiri yang membaca doa dari Rabithah Alawiyah," kata Habib Nabil.

Habib Nabil menambahkan, semuanya diajak ikut serta muhasabah dan istighatsah. "Ayo umat ini bersatu, ayo ormas-ormas ini bersatu, kira-kira pesannya seperti itu, ayo para ulama ini bersatu karena kalau bersatu kita kuat sebaliknya kalau bercerai kita runtuh," ujarnya.

Ia menegaskan, hal yang MUI inginkan adanya persatuan di kalangan para ulama, generasi muda, dan umat Islam. Untuk sama-sama taat kepada Allah. Serta mensyukuri nikmat dari Allah, bersyukur nikmat negara Indonesia lepas dari Covid-19, lepas dari krisis ekonomi, dan lain sebagainya. Itu semua harus disyukuri. Jangan hanya kembali kepada Allah saat susah, sementara saat senang meninggalkan perintah Allah.

Komisi Dakwah MUI menyampaikan bahwa tokoh-tokoh yang akan membersamai Muhasabah dan Istighatsah Akhir Tahun 2022 di antaranya Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis, Wakil Sekjen MUI KH Arif Fahrudin, Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi, Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Habib Nabil Al-Musawwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement