Selasa 13 Dec 2022 20:47 WIB

Kebiasaan Soekarno Ketika Kunjungi Masjid Sunan Gunung Jati Garmini yang tak Diketahui

Soekarno kerap mengunjungi Masjid Sunan Gunung Jati Garmini.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Sunan Gunung Jati Garmini. Soekarno kerap mengunjungi Masjid Sunan Gunung Jati Garmini
Foto: Republika/Andrian Saputra
Masjid Sunan Gunung Jati Garmini. Soekarno kerap mengunjungi Masjid Sunan Gunung Jati Garmini

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA- Tak banyak yang tahu ada kaitan erat antara Masjid Sunan Gunung Jati Garmini, Cirebon, dengan Proklamator RI Soekarno. Bahkan, masjid yang terletak di Jalan Kesambi, Kecamatan Kesambi, Cirebon, itu menyimpan secuil kisah yang menggambarkan sisi religiusitas Soekarno. 

Dulu, lahan tempat berdirinya Masjid Sunan Gunung Jati Garmini merupakan area persawahan. Lahan itu milik seorang tokoh perempuan Cirebon yang juga aktif di Nadhlatul Ulama (NU) Cirebon, yakni Hj Siti Garmini Sarojo. 

Baca Juga

Pada 17 Agustus 1960 Garmini yang juga istri Sultan Hasanuddin keempat dari Keraton Kanoman, Cirebon, mewakafkan lahan sekitar 500 meter persegi itu lalu membangun sebuah masjid. 

Awal pembangunan masjid pun menjadi istimewa, sebab dihadiri langsung oleh Presiden Soekarno. 

Tak hanya menyaksikan peletakan batu pertama, Soekarno  juga langsung memberikan nama bagi masjid yang dibangun Garmini itu, yakni Masjid Sunan Gunung Jati. 

Raden Muhammad Tuban, sesepuh Kesambi sekaligus pengurus dan muazin di Masjid Sunan Gunung Jati Garmini, menjelaskan, nama Sunan Gunung Jati dipilih sebagai penghormatan Soekarno  terhadap keluarga keraton dan seorang wali penyebar Islam di Cirebon, yakni Syarif Hidayatullah atau dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. 

"Karena Ibu Garmini ini istri dari Sultan Hasanuddin keempat, Soekarno  bisa dipanggil datang oleh Sultan. Jadi, yang meresmikan nya Soekarno  langsung," kata pria berusia 77 tahun itu dikutip dari dokumentasi Harian Republika, Selasa (13/12/2022).  

Setelah masjid berdiri, Soekarno  pun tak pernah melupakan masjid itu. Menurut Raden Muhammad Tuban, jika kebetulan melintasi Kota Cirebon, sang proklamator pasti menyempatkan diri singgah di Masjid Sunan Gunung Jati. 

Uniknya, Soekarno  selalu menyambangi Masjid Sunan Gunung Jati pada malam hari tanpa diketahui orang banyak. "Kalau lewat Cirebon pasti ke sini, tapi Soekarno  kalau datang malam terus untuk sholat Tahajud," kata dia.  

sumber : Dok Istimewa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement