Jumat 18 Nov 2022 13:09 WIB

Tiga Hadits Keutamaan Menghadiri Majelis Zikir

Ada keutamaan tersendiri ketika seorang Muslim duduk menghadiri majelis zikir.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Hadist (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Hadist (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap Muslim diperintahkan untuk selalu mengingat Allah SWT dengan berbagai ucapan zikir. Bahkan ada keutamaan tersendiri ketika seorang Muslim duduk menghadiri majelis zikir.

Ada tiga hadits yang menjelaskan mengenai hal tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Al-Adzkar karangan Imam An-Nawawi. Pertama adalah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah. Dalam hadits ini, Rasulullah SAW menyampaikan tentang keutamaan seorang Muslim menghadiri majelis zikir.

Baca Juga

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُونَ اَللَّهَ إِلَّا حَفَّتْ بِهِمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ) أَخْرَجَهُ مُسْلِم ٌ

Beliau SAW bersabda, "Suatu kaum tidak duduk sambil berzikir kepada Allah SWT kecuali para malaikat datang mengelilingi dan menaungi mereka. Mereka diliputi dengan rahmat, ketenteraman turun menyertai mereka dan Allah menyebut mereka di hadapan orang (para malaikat lainnya) yang ada di sisi-Nya."

 

Kedua, keutamaan menghadiri majelis zikir juga tercantum dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar RA. Rasulullah SAW bersabda:

"Jika kamu melewati kebun-kebun surga, maka tempat dan nikmatilah." Lalu sahabt bertanya, "Wahai Rasulullah, apa kebun surga itu?" Lalu Nabi SAW menjawab, "Majelis-majelis zikir karena Allah SWT memiliki pengelana-pengelana dari para malaikat yang selalu mencari majelis-majelis zikir. Jika mereka datang ke tempat itu, mereka duduk bersama-sama orang yang zikir itu."

Ketiga, hadits lain juga menyebutkan betapa Allah SWT senang dengan Muslim yang senantiasa berzikir. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Mu'awiyah, diceritakan Rasulullah SAW keluar dari rumahnya menuju sebuah majelis tempat berkumpul sahabat-sahabatnya.

Kemudian beliau SAW bersabda, "Mengapa kalian duduk bersama di sini?" Lalu mereka menjawab, "Kami duduk di sini untuk berzikir mengingat Allah ta'ala dan bertahmid mengucapkan puji ke hadiran-Nya atas hidayah dan nikmat yang diberikan kepada kami sehingga memeluk agama Islam."

Nabi SAW pun berkata lagi, "Demi Allah, benarkah kalian duduk di sini hanya karena itu? Sungguh aku tidak minta kalian untuk bersumpah karena menaruh curiga. Tetapi Jibril telah mendatangiku dan menyampaikan bahwa Allah ta'ala membanggakan kalian di hadapan para malaikat."

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement