Senin 14 Nov 2022 09:15 WIB

Jokowi dan Presiden MBZ Resmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed

Jokowi dan MBZ tiba di Masjid Sheikh Al Zayed dengan menaiki kendaraan yang sama.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (19/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed Bin Zayed (MBZ) Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022) pagi WIB. Jokowi dan MBZ tiba di Masjid Sheikh Al Zayed dengan menaiki kendaraan yang sama.

Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berbincang-bincang sepanjang peninjauan masjid sepertidipantau dari siaran Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin. Setelah memasuki area masjid, MBZ tampak pula berbincang dengan sejumlah tokoh yang hadir, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan aktivis Nahdlatul Ulama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias Yenny Wahid.

Jokowi dan MBZ selanjutnya melakukan ibadah sholat. Kemudian, mereka menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan dilanjutkan dengan pembacaan doa. Keduanya juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi tersebut, Jokowi dan MBZ meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut. Keduanya lalu berfoto bersama.

Baca juga : Ledakan di Istanbul Turki, 6 Orang Meninggal dan 53 Terluka

Jokowi sempat menyapa masyarakat sekitar yang berkumpul di depan masjid sebelum memasuki mobil untuk meninggalkan masjid. Turut hadir dalam peresmian itu, antara lainWali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Menteri Pertahanan Prabowo Subiantro, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan delegasi UAE.

Wali Kota Surakarta GibranRakabuming Raka mengatakan, masjid dengan kapasitas 10 ribu jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran Islam rahmatan lil 'aalamin di Kota Surakarta. "Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu di lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement