Ahad 13 Nov 2022 00:05 WIB

Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang

Allah memberikan cobaan sesuai dengan tingkat keimanan hamba-Nya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Berdoa. Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang
Foto:

“Dan kembali (dalam pertobatan) kepada Tuhanmu dan tunduk kepada-Nya sebelum azab datang kepadamu; maka kamu tidak akan ditolong.” (Quran 39:54 )”

Jadi Anda lebih suka menghadapi konsekuensinya sekarang atau nanti? Jika Anda merasa sedang dihukum di dunia ini dengan segala ujian yang Allah berikan, maka katakanlah Alhamdulillah. Karena Allah memberikan belas kasihnya dengan memberikan hukuman ketika di dunia untuk menghindari konsekuensi di akhirat.

Mengapa saya melewati masa-masa sulit seperti itu?

Allah memberikan cobaan sesuai dengan tingkat keimanan hamba-Nya. Pastikan bahwa jika Anda memiliki kebaikan di hati, maka Allah akan membalas Anda dengan lebih baik dari apa yang diambil dari Anda, atau kesulitan yang Anda hadapi.

Meskipun kelihatannya Allah sedang menghukum Anda, sesungguhnya Dia sedang menunjukkan kesalahan Anda dan mendorong Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Jadi tetaplah beriman kepada Allah, dan jangan pernah meragukan kebijaksanaan-Nya.

“Dan barang siapa yang takut kepada Allah - Dia akan membuat baginya jalan keluar, dan akan memberikan baginya dari mana dia tidak mengharapkan. Dan barang siapa yang mengandalkan Allah – maka Dia cukup baginya. Sungguh, Allah akan mewujudkan tujuan-Nya. Allah telah menetapkan untuk segala sesuatu suatu tingkat (ketetapan).” (Quran 65:2-3)

“Tapi mungkin Anda membenci sesuatu dan itu baik untuk Anda; dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu. Dan Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Quran 2:216 )

Dosa saya terlalu banyak, akankah Allah mengampuni saya?

Tentu saja Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, selama doa itu dipanjatkan dengan ketulusan hati dan melakukan yang terbaik untuk menghindari melakukan dosa yang sama. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement