Jumat 04 Nov 2022 16:36 WIB

Keluarga Besar PUI dan Warga Sukabumi Sambut Anugerah Pahlawan KH Ahmad Sanusi

Pendiri PUI KH Ahmad Sanusi dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Pemerintah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nashih Nashrullah
KH  Ahmad Sanusi. Pendiri PUI KH Ahmad Sanusi dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Pemerintah
Foto: wikipedia
KH Ahmad Sanusi. Pendiri PUI KH Ahmad Sanusi dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Pemerintah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Rencana penetapan gelar pahlawan nasional kepada tokoh pejuang sekaligus ulama asal Sukabumi, Jawa Barat yakni KH Ahmad Sanusi disambut gembira warga Sukabumi. Sebab penetapan ini sudah lama diperjuangkan masyarakat Sukabumi.  

Kepastian penetapan pahlawan nasional ini diperoleh dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Rencana penganugerahan gelar pahlawan nasional ini merupakan hasil dari pertemuan dari Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dengan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (3/11/2022). 

Baca Juga

''Alhamdulillah, dengan dianugerahkannya Pahlawan Nasional bagi KH Ahmad Sanusi pada tahun ini, kami atas nama keluarga besar Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Sukabumi mengucapkan syukur,'' ujar Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Persatuan Umat Islam (PUI), KH Munandi Saleh, Jumat (4/11/2022). 

Selain itu, dirinya mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya kepada pemerintah Republik Indonesia, yang telah menganugerahkan Pahlawan Nasional bagi KH Ahmad Sanusi. 

 

Hal serupa disampaikan kepada Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Sukabumi yang telah mendukung baik moril maupun materiil. 

''Kami juga sampaikan terimakasih kepada para ulama, zuama, tokoh masyarat dan masyarakat secara luas yang telah mendoakan, sehingga penganugerahan Pahlawan Nasional dapat terwujud dengan lancar,'' kata Munandi. 

Terakhir kepada berbagai pihak yang ikut andil baik langsung maupun tidak langsung. Semoga kata Munandi, dengan penganugerahan pahlawan nasional ini menjadi inspirator dan super hero bagi generasi saat ini dan masa yang akan datang. 

''Kami atas nama warga Kota Sukabumi sangat berbahagia, setelah melalui proses dan waktu yang sangat panjang akhirnya tokoh kebanggaan Sukabumi secara resmi akan memdapatkan anugrah gelar Pahlawan Nasional,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menanggapi rencana penganugerahan pahlawan nasional, Kamis. 

Baca juga: Ritual Sholat Memukau Mualaf Iin Anita dan Penantian 7 Tahun Hidayah Akhirnya Terjawab 

Dia berharap anugerah yang diberikan kepada KH Ahmad Sanusi ini akan menjadi motivasi bagi warga generasi penerus untuk melanjutkan kiprah perjuangan membela bangsa dan negara. 

Selain itu kata Fahmi, menjadi inspirasi bagi generasi muda bahwa terdapat figur asli Sukabumi yang dapat dijadikan contoh teladan. Khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semoga lanjut Fahmi, keluarga besar KH Ahmad Sanusi dapat menjadikan momentum terbaik ini untuk kembali menghidupkan jejak langkah pergerakan sosok tersebut. Sehingga senantiasa dikenang dan diteruskan semangat perjuangannya. 

''Ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan restu gelar pahlawan nasional kepada sosok KH Ahmad Sanusi dan tentunya kebijakan beliau akan sangat dikenang oleh warga Sukabumi,'' ungkap Fahmi. Sebab upaya mendorong agar KH Ahmad Sanusi sudah sejak lama dilakukan dan pada tahun ini membuahkan hasil.        

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement