Rabu 02 Nov 2022 18:41 WIB

Waketum MUI Bangga Jokowi sampai Erick Thohir Masuk Daftar Muslim Berpengaruh

Waketum MUI menyebut suatu kebanggaan tokoh Indonesia dihargai oleh dunia

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir. Waketum MUI menyebut suatu kebanggaan tokoh Indonesia dihargai oleh dunia. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Menteri BUMN Erick Thohir. Waketum MUI menyebut suatu kebanggaan tokoh Indonesia dihargai oleh dunia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Wakil Ketua Umum (Waketum) MUI sekaligus Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas menanggapi terpilihnya Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, hingga Erick Thohir dalam daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Menurutnya, itu suatu kebanggaan karena tokoh Indonesia dihargai oleh dunia.

"Ya kita senang mendengarnya karena tokoh kita dihargai oleh dunia," katanya saat dihubungi Republika, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga

Anwar berharap agar para tokoh tersebut bisa lebih mampu berbuat lebih banyak lagi untuk umat, bangsa, negara dan dunia. "Diharapkan dengan hal tersebut para tokoh bisa selalu mendengarkan masyarakat dan berbuat lebih banyak untuk Indonesia ini," kata dia.

Ia menambahkan tokoh-tokoh tersebut juga harus tetap rendah hati sehingga nanti ke depannya selain berpengaruh juga perbuatannya dapat dicontoh masyarakat. "Kita bangga ya tapi para tokoh tersebut harus tetap ingat dan mendengar aspirasi masyarakatnya," kata dia.

Sebelumnya, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (MABDA) merilis daftar terbaru 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Dari daftar tersebut, ada sejumlah tokoh dari Indonesia,seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, dalam Top 50 ada tiga tokoh Indonesia yang masuk daftar. Mereka adalah Presiden Jokowi di urutan ke-13, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di urutan ke-19, dan Habib Lutfi bin Yahya di urutan ke-30.

Tokoh Muslim lain dari Indonesia yang masuk dalam daftar muncul dalam kategori keunggulannya. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang muncul dalam kategori politik dan Menteri BUMN Erick Thohir yang muncul dalam kategori bisnis atau pengusaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement