Rabu 02 Nov 2022 18:55 WIB

Di UEA, Wapres Tekankan Pentingnya Islam Moderat untuk Perdamaian Dunia

Islam moderat sangat penting untuk terus ditingkatkan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma
Foto:

Sebagai informasi, ADFP merupakan sebuah forum atau organisasi yang didirikan pada 2014 untuk menanggapi sejumlah tantangan yang dihadapi komunitas Muslim global. Forum ini didedikasikan untuk memperkuat narasi teologis Islam tentang pembangunan perdamaian dan toleransi di tengah pluralisme agama di dunia.

Sejak didirikan, sejumlah inisiatif antaragama dan perjanjian resmi telah dicapai, seperti Deklarasi Marrakesh, Perjanjian Kebaikan (Alliance of Virtue) di Washington DC pada 2018, dan Declaration of Human Fraternity pada 2019 yang ditandatangani oleh Grand Syeikh Al Azhar dan Paus Fransiskus. 

Adapun ADFP diselenggarakan setiap tahun di Abu Dhabi dan tahun ini merupakan forum ke-9. Pada forum ini, Wapres RI direncanakan akan hadir dan menyampaikan pidato secara virtual.

Hadir mendampingi Presiden ADFP pada pertemuan ini, Sekretaris Jenderal ADFP Sheikh Al-Mahfoudh Bin Bayyah, Konsultan Presiden ADFP Omar Abdallah bin Sheikh Al-Mahfoudh bin Bayyah, Direktur Operasional ADFP Tareq Bin Juma Al Teneiji, Direktur Promosi Perdamaian ADFP di Kerajaan Maroko Amna Saeed Al Shehhi, dan Sekretaris Sekjen ADFP Aysha Salem Al Kaabi.

Sementara, Wapres RI didampingi oleh Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement