Selasa 11 Oct 2022 18:41 WIB

Sebanyak 1.676 Qari dan Qariah Registrasi Ulang MTQ Nasional ke-29

Setiap qori dan qoriah yang sudah didaftarkan wajib registrasi ulang.

Suasana lomba MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Suasana lomba MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 1.676 qori dan qoriah calon peserta terdata ikut Musabaqoh Tilawatil Qur?an (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 menjalani registrasi ulang di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru dari 10-11 Oktober 2022.

Menurut Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqoh Al-Qur'an dan Al-Hadits Kemenag, Rijal Ahmad Rangkuty, setiap qori dan qoriah yang sudah didaftarkan provinsinya wajib mengikuti registrasi ulang ini.

Baca Juga

Diungkapkan, ada sebanyak 1.676 calon peserta yang terdata dari 34 provinsi yang diikutkan pada MTQ Nasional ke-29 di Kalsel dari 10--19 Oktober 2022.

"Semua data dicek satu per satu," ungkap Rijal.

 

Menurut dia, registrasi ulang merupakan salah satu proses terpenting dalam MTQ Nasional. "Proses ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital," ujarnya.

Dijelaskan dia, verifikasi dilaksanakan dengan mencocokkan data calon peserta yang didaftarkan sebelumnya pada aplikasi e-MTQ.

"Verifikasinya dengan menempelkan sidik jari pada finger print, lalu semua data terbaca," terangnya.

Dikatakan dia, penggunaan teknologi merupakan bagian dari implementasi transformasi digital yang menjadi program prioritas Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

"Kita akan terus melakukan perbaikan hingga seluruh peserta yang terlibat dalam MTQ sahih datanya," papar Rijal.

Pada hari ini, para kafilah MTQ Nasional ke-29 mengikuti pawai taaruf di Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Selanjutnya akan mengikuti malam taaruf di Kota Banjarmasin.

Seremoni pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan diselenggarakan pada 12 Oktober 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Adapun 12 venue perlombaan pada MTQ Nasional ke-29 yang lombanya dimulai pada 13 Oktober hingga 19 Oktober berada di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement