Senin 10 Oct 2022 20:30 WIB

Lepas Kafilah MTQ Jatim, Khofifah: Mari Jadikan Alquran Pedoman Akhlak Mulia

Gubernur Khofifah melepas kafilah MTQ Jatim ke Kalimantan Selatan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi melepas keberangkatan kafilah Jatim menuju Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-29. Khofifah mengajak segenap Muslim mendoakan kafilah MTQ Jatim.
Foto: Dok Istimewa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi melepas keberangkatan kafilah Jatim menuju Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-29. Khofifah mengajak segenap Muslim mendoakan kafilah MTQ Jatim.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi melepas keberangkatan kafilah Jatim menuju Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-29 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Gelaran MTQ Nasional ini akan dilaksanakan pada 10-20 Oktober 2022. 

Pelepasan para kafilah tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  1444 H/ 2022 Masehi yang digelar Pemprov Jatim di Islamic Center, Surabaya, Ahad (9/10/2022) malam. 

Baca Juga

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menyampaikan keberangkatan para kafilah ini merupakan ikhtiar untuk membawa harum nama Jawa Timur. 

Pihaknya pun mengajak masyarakat Jawa Timur mendoakan agar kafilah MTQ asal Jatim kembali dengan membawa predikat juara umum. 

 

Khofifah mengatakan keberangkatan kafilah Jatim dalam MTQ Nasional ini sangat beriringan dengan proses memberi referensi kehidupan untuk membangun generasi Qurani. 

“Ini referensi terhadap pola pikir, perilaku, interaksi dan seluruh unsur kehidupan untuk membangun generasi Qurani. Generasi yang memiliki akhlaqul karimah untuk kehidupan penuh kasih dan damai,” kata dia.

Lebih lanjut, referensi ini juga beriringan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diutus Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak. 

Selain itu, momentum ini juga menjadi refrensi untuk menghadirkan Islam yang rahmatan lil alamin.  

Khofifah mengisahkan, saat Sayyidah Aisyah RA istri Rasulullah SAW ditanya apa kesan beliau tentang Rosulullah Muhammad SAW maka  dijawab akhlak Rasulullah adalah Alquran. 

“Maka sesungguhnya hari ini bersama-sama kita mengingatkan diri kita semua bagaimana pola pikir, sikap, dan tindakan kita pada posisi yang berdasar  akhlakul karimah dan berseiring dengan sifat-sifat yang diteladankan Rasulullah SAW,” jelasnya. 

Menurut dia, ini tentu tidak sederhana tapi mari terus-menerus bisa bersama berusaha. “Mudah-mudahan kita semua akan dapat syafaat Rasulullah Muhammad SAW,” lanjutnya. 

Gubernur Khofifah  juga mengajak seluruh peserta majelis yang hadir untuk turut menghadirkan  Islam yang penuh kedamaian bagi seluruh umat. 

“Mari kita hadirkan Islam yang memberikan ramah, penuh damai dan kasih. Dan Islam yang terus bisa memberikan referensi kehidupan bagi seluruh kebaikan masyarakat bangsa dan negara serta masyarakat dunia,” urainya. 

Secara khusus, Gubernur Khofifah juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada LPTQ Jatim, seluruh pembina (pelatih) dan official yang telah berupaya maksimal dalam ikhtiar lahir dengan berbagai pembinaan dan ikhtiar bathin dengan dzikir dan doa bersama. 

Dimana semua itu diikhtiarkan dengan satu tujuan untuk mengharumkan nama Jawa Timur dengan prestasi terbaik pada MTQ Nasional ke-29.        

Turut hadir pada acara ini, antara lain Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Kasdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim, Sekdaprov Jatim, Ketua Harian LPTQ Jatim, Ketua Baznas Jatim, serta para Kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim.    

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement