Selasa 27 Sep 2022 12:34 WIB

Baznas Bersama Danareksa Syariah Peduli Gelar Pengobatan Gratis di Bogor

Pengobatan gratis upaya Baznas dan Danareksa Syariah Peduli memuliakan para mustahik

Pengobatan gratis upaya Baznas dan Danareksa Syariah Peduli memuliakan para mustahik.
Foto: Baznas
Pengobatan gratis upaya Baznas dan Danareksa Syariah Peduli memuliakan para mustahik.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Danareksa Syariah Peduli PT Danareksa Investment Management (DSP DIM) menyelenggarakan pengobatan gratis bagi masyarakat kurang mampu di lima titik lokasi di wilayah Jabodetabek, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 500 orang, Senin (26/9/2022). 

Program pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian Baznas dan Danareksa Syariah Peduli PT Danareksa Investment Management kepada masyarakat fakir miskin dengan total bantuan senilai Rp 63.984.375,00. Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Divisi Pengumpulan Zakat Badan Baznas Argo Sayoto, serta perwakilan Tim DSP DIM Muhammad Ihsan Hayasa dan Winnie Rahmi Maulidya di Tanah Sereal, Bogor. Turut hadir tim Rumah Sakit Baznas dalam kesempatan tersebut. 

Baca Juga

Dalam sambutannya, Argo Sayoto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengontrol dan meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan kuratif terutama pasca pandemi Covid-19. "Hari ini Baznas bersama Danareksa Syariah Peduli PT Danareksa Investment Management memberikan layanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat, vitamin dan madu kepada 100 penerima manfaat di Tanah Sereal, Bogor," ujarnya. 

Argo berharap kegiatan ini dapat menjadi bentuk kontribusi positif zakat dalam menyediakan layanan kesehatan mustahik yang berkualitas dan mudah diakses oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang fakir miskin. Menurutnya, program ini merupakan upaya Baznas dan Danareksa Syariah Peduli dalam memuliakan para mustahik sebagai bagian bagian dari bentuk ibadah kepada Allah SWT. Selain dapat melakukan pemeriksaan kesehatan, masyarakat juga mendapatkan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

"Semoga para muzaki di luar sana dapat tergerak hatinya untuk dapat bisa ikut serta dalam kegiatan seperti ini karena di wilayah pinggiran Jakarta seperti Bogor, Depok, dan Tangerang masih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan," jelas Argo.  

Dalam kesempatan terpisah, Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas M. Imdadun Rahmat menyambut baik sinergi yang terjalin antara Baznas dan Danareksa Syariah Peduli dalam memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat kurang mampu. "Ini merupakan bentuk kepedulian Danareksa Syariah Peduli dan Baznas yang selalu menaruh perhatian kepada aspek kesehatan masyarakat rentan. Semoga langkah baik ini dapat menjadi teladan bagi pihak lain, agar semakin banyak masyarakat yang akan terbantu," ujar Imdadun.

Perwakilan DSP DIM,  Muhammad Ihsan Hayasa, menilai kerja sama dengan Baznas selain jangkauannya luas kepada masyarakat juga kredibilitasnya cukup bagus untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kami tidak hanya fokus pada bisnis dan finansial saja, tetapi kami juga harus turun untuk membantu dalam menyejahterakan masyarakat salah satunya melalui bantuan pengobatan gratis ini. DSP DIM bersama Baznas turut memberikan pelayanan bantuan layanan secara gratis sehingga masyarakat bisa lebih aman dan nyaman ketika mereka mengetahui kondisi badan dan kesehatan mereka tanpa khawatir dengan biaya yang harus mereka keluarkan, dan meringankan beban masyarakat juga," jelas Ihsan. 

Perwakilan warga Kp. Rawa Jati Kelurahan Mekar Wangi, Salman Saputra Wijaya, mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Danareksa Syariah Peduli PT Danareksa Investment Management atas bantuan layanan pengobatan gratis yang diberikan. Ia berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut secara berkala sehingga dapat memudahkan akses masyarakat terutama lansia yang ingin melakukan pengobatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement