Ahad 18 Sep 2022 20:35 WIB

Kesungguhan Hati

Kesungguhan hati tak lain adalah memaksimalkan kemampuan akal.

Sejumlah santri dipandu guru agama belajar Alquran melalui komputer jinjing yang terhubung internet di Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (7/8/2019) (ilustrasi) Kesungguhan hati untuk belajar akan diberi hadiah berupa surga.
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Sejumlah santri dipandu guru agama belajar Alquran melalui komputer jinjing yang terhubung internet di Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (7/8/2019) (ilustrasi) Kesungguhan hati untuk belajar akan diberi hadiah berupa surga.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh  Syamsul Yakin 

 

Mengenai kesungguhan hati, Allah menyatakan, "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS al-Ankabut/29: 69). 

Syaikah Nawawi dalam kitab  Tafsir Munir  menulis,  yang dimaksud jihad dalam ayat ini adalah berupaya keras dalam taat, menghasilkan pahala, termasuk berkesungguhan hati memikirkan dalil-dalil agama. Bagi yang berkesungguhan hati mencari ilmu Allah, maka Allah akan menganugerahkan ilmu-Nya.

Seperti kata mutiara yang dikutip Syaikh al-Zarnuji dalam kitab Taklim Muta'allim, "Seukuran kepayahanmu, seperti itu pula tercapai cita-citamu." Begitu juga, "Siapa saja yang berkesungguhan hati mencari sesuatu, dapat dipastikan akan ketemu. Seperti halnya orang yang mengetuk pintu terus-menerus, dipastikan akan dapat masuk."

Dalam sejarah diketahui selamatnya Nabi Nuh dari terjangan banjir karena kesungguhan hati beliau membuat bahtera raksasa. Begitu pula selamatnya Nabi Ibrahim saat dibakar di atas api oleh Namruz, karena kesungguhan hati beliau untuk terus taat kepada Allah sehingga api yang panas malah jadi dingin.

Pun kesungguhan hati Nabi Yunus saat berada di perut ikan yang terus memuji Allah hingga ikan itu  memuntahkannya ke daratan. Semua memerlukan kesungguhan hati. Nabi Musa juga selamat dari kejaran Fir'aun dan bala tentaranya yang kejam karena beliau berkesungguhan hati bahwa pasti Allah berikan solusi. Nyatanya Laut Merah terbelah saat dipukul dengan tongkat.

Bagi penuntut ilmu, menurut Syaikh al-Zarnuji, untuk bisa sukses yang gilang-gemilang harus ada kesungguhan hati tiga pihak, yakni pihak penuntut ilmu itu sendiri, guru, dan pihak orangtua. Ketiga pihak ini harus memberi kesungguhan hati secara berimbang. Tugas murid belajar, guru mengajar, dan orangtua menyokong biaya sama-sama penting. 

Kesungguhan hati untuk belajar akan diberi hadiah berupa surga. Nabi menginformasikan, "Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim). Kesungguhan hati saat belajar ini terutama saat menghadapi lapar dan haus, lelah dan kantuk, bosan dan gelisah, dan kesulitan untuk memahami pelajaran, termasuk godaan dari dunia luar yang bebas dan menyenangkan.

Kesungguhan hati untuk belajar terasa kian dibutuhkan di tengah bertumbuhnya jaringan media sosial. Pada satu sisi jaringan media sosial mempermudah belajar, tapi pada sisi lain jaringan media sosial membuat pelajar jadi berpikir instan. Penelusuran buku babon mulai ditinggalkan karena kalah mudah dengan  informasi di internet. Padahal buku konvensional adalah data verbatim yang tak kalah penting.

Terakhir, Imam Syafi'i pernah mengajari dalam syairnya, seperti dikutip Syaikh al-Zarnuji, bahwa dengan kesungguhan hati, urusan yang jauh jadi dekat. Begitu juga pintu yang terkunci, dengan kesungguhan hati lama-lama akan terbuka. Sebab manusia diberi akal. Jadi, kesungguhan hati tak lain adalah memaksimalkan kemampuan akal.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement