Kamis 15 Sep 2022 06:39 WIB

Lomba Kreatif Digelar Jelang Muktamar 48 Muhammadiyah-Aisyiyah

Lomba merupakan syiar sekaligus unjuk kreativitas warga Persyarikatan Muhammadiyah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
 Lomba kreatif digelar untuk memeriahkan Muktamar 48 Muhammadiyah-Aisyiyah. (ilustrasi)
Foto: wikipedia
Lomba kreatif digelar untuk memeriahkan Muktamar 48 Muhammadiyah-Aisyiyah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lomba kreatif digelar untuk memeriahkan Muktamar 48 Muhammadiyah-Aisyiyah. Kegiatan yang mengajak masyarakat agar dapat bergembira bersama ini merupakan syiar sekaligus unjuk kreativitas warga Persyarikatan Muhammadiyah.

Panitia Lomba Kreatif Muktamar 48, Edward Trias Pahlevi mengatakan, lomba ini mengangkat tema 'Membangun Sportifitas dan Kreativitas Menuju Insan Berkemajuan' ini dapat diikuti seluruh warga masyarakat baik di Indonesia maupun mancanegara.

Lomba kreatif ini mendorong kreativitas kader muda Muhammadiyah dan memberikan kesempatan mengapresiasikan minat serta bakat. Menurut Edward, kegiatan lomba kreatif dihadirkan sebagai bagian dari syiar dan dakwah dalam dunia digital.

"Pesan yang ingin kami sampaikan bagaimana lomba kreatif jadi syiar Muhammadiyah di dunia digital, lalu meramaikan karya seni kader muda Muhammadiyah mensyiarkan kreativitas dan mempererat ukhuwah persaudaraan," kata Edward, Kamis (15/9/2022).

Terdapat beberapa kategori perlombaan yang dapat diikuti dan dipilih oleh masyarakat. Mulai dari cover theme song Muktamar 48 Derap Berkemajuan, desain poster ucapan Muktamar 48, lomba da'i cilik, serta lomba seni membaca Alquran.

Guntur, yang juga merupakan Panitia Lomba Kreatif Muktamar 48 menyampaikan, pendaftaran lomba sudah dibuka sejak Juli 2022 dan akan ditutup pada 16 Oktober 2022. Masih ada kesempatan yang cukup luas untuk menyampaikan kreativitas.

Semua persyaratan bisa dilihat di lombakreatif.com. Yang menarik dari lomba poster yang diadakan, panitia mensyaratkan poster dilukis atau disketsa manual. Hal ini untuk menghindari plagiasi terhadap konten digital yang banyak beredar.

"Kita mengantisipasi itu, sehingga yang kita buka poster dengan karya murni," ujar Guntur.

Desain poster dapat diikuti peserta dengan empat tema. Sejarah Muhammadiyah, kisah hidup tokoh Muhammadiyah, kiprah Muhammadiyah kontemporer yang memiliki nilai, keunikan dan pelajaran hidup, serta refleksi Muktamar 48 Muhammadiyah.

Panitia menyediakan hadiah senilai puluhan juta rupiah untuk diberikan ke empat pemenang masing-masing kategori. Panitia menekankan, juara pertama, kedua dan ketiga akan ditentukan oleh dewan juri, dan ditambah satu lagi juara favorit.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Fajar Djunaedi, memberi apresiasi atas berbagai lomba yang digelar untuk memeriahkan Muktamar. Ia menyoroti lomba poster yang disyaratkan dibuat secara manual oleh peserta.

Meski tidak menolak teknologi digital, tapi menggambar poster secara manual mudah kita lupakan ketika teknologi menawarkan kemudahan dalam mereproduksi gambar. Fajar berharap, warga Muhammadiyah aktif menggelorakan lomba tersebut.

"Kalau ada teman, rekan, tetangga yang belum tahu perlombaan ini mari beri tahu dan ajak. Jika sudah ada yang berpartisipasi, maka mari repost, like, komentar. Jempol kita akan sangat bermanfaat memeriahkan lomba kreativitas Muktamar 48," kata Fajar.

Edward menambahkan, pendaftaran dan pengiriman hasil karya akan ditutup pada 16 Oktober. Sedangkan, untuk pengumuman pemenang dilakukan pada malam Mangayubagyo Muktamar 48 yang rencananya akan dilaksanakan pada 18 November 2022 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement