Sabtu 10 Sep 2022 16:33 WIB

Hassanah Al-Saba, Pilot Wanita Muslim Pertama Jamaika

Hassanah lulus ujian penerbangan pada 25 Agustus.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Hassanah Al-Saba menjadi pilot wanita Muslim pertama di Jamaika.
Foto: https://jamaica-gleaner.com/
Hassanah Al-Saba menjadi pilot wanita Muslim pertama di Jamaika.

REPUBLIKA.CO.ID, KINGSTON -- Mencapai impian masa kecilnya, Hassanah Al-Saba menjadi pilot wanita Muslim pertama di Jamaika. “Saya tidak percaya itu adalah saya di TV dan di koran,” kata Hassanah dilansir dari laman About Islam pada Sabtu (10/9/2022).

“Tapi itu telah tenggelam dan sekarang saya sangat berharap saya telah menginspirasi orang lain dan meniru moto kami 'Dari Banyak, Satu Orang.' Saya seorang Jamaika yang bangga dan saya berharap saya dapat menunjukkan kepada orang-orang saya bahwa impian ada dalam jangkauan,” lanjutnya.

Baca Juga

Pencapaian Hassanah dimulai dari mimpi seorang gadis muda. Dia begitu menyukai perasaan naik ke langit saat bepergian mengunjungi kakek-neneknya di Trinidad.

“Sejak itu, mata saya selalu terpaku ke langit dan ketertarikan saya pada pesawat terbang semakin besar. Saya suka melihat pemandangan yang indah. Alamnya menakjubkan dan saya suka terbang memberi saya kesempatan untuk menyerap pemandangan yang indah,” kenangnya.

Adapun Hassanah lulus ujian penerbangan pada 25 Agustus, dan menerima lisensinya pada 29 Agustus. Impian berikutnya yakni mendapatkan pelatihan lisensi komersial dan terbang untuk maskapai penerbangan.

Sementara itu, Jamaika merupakan negara yang mayoritas beragama Kristen, dengan Islam sebagai agama minoritas. Muslim pertama tiba di Jamaika sebagai orang-orang yang diperbudak.

Islam menjadi salah satu agama utama orang Afrika yang dibawa ke Karibia dan Amerika. Saat ini, sekitar 5.000 orang Jamaika mengidentifikasikan diri dengan agama Islam. Sebanyak sebelas masjid ada di seluruh pulau.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement