Senin 05 Sep 2022 06:15 WIB

Muhammadiyah DKI Gelar Gerak Jalan Sehat

Gerak jalan diadakan dalam rangka HUT ke-77 RI dan Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir MSi membuka acara Gerak Jalan Sehat yang diadakan oleh PW Muhammadiyah DKI Jakarta, Ahad (4/9/2022).
Foto: Dok Miuhammadiyah
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir MSi membuka acara Gerak Jalan Sehat yang diadakan oleh PW Muhammadiyah DKI Jakarta, Ahad (4/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta menggelar Gerak Jalan Sehat bersama warga Muhammadiyah se-DKI Jakarta, Ahad (4/9/2022). Gerak jalan tersebut digelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI dan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah yang akan digelar November mendatang di Solo.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir MSi, saat membuka acara mengatakan, Gerak Jalan Sehat ini merupakan langkah awal menggelorakan syiar muktamar. “Saya singkat saja, jadikan jalan sehat ini sebagai awal kita terus menggelorakan sukses mukatamar Muhammadiyah dan Aisyiyah,” ungkap Haedar.

Guru besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut juga mengingatkan agar gerak jalan ini dilaksanakan dengan gembira dan semangat, dengan tetap saksama menjaga protokol kesehatan. Begitu juga saat pelaksanaan muktamar nanti.

Haedar berpesan kepada peserta jalan sehat agar menyambut muktamar dengan gembira. “Kita bermuktamar tanggal 18-20 November 2022. Dan dibuka untuk para penggembira dengan saksama dan gembira, tidak boleh sedih,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

 

Haedar juga berpesan agar menjaga marwah muktamar Muhammadiyah. “Bagi kita semua, jaga muktamar akan tetap menjadi muktamar Muhammadiyah sebagaimana biasa. Muktamar yang bermarwah, menjaga ketertiban kebaikan dan tidak mencederai jalannya muktamar,” kata Haedar.

Menurut dia, muktamar Muhammadiyah harus menjadi uswah hasanah dan berkemajuan. “Jadikan muktamar kita uswah hasanah. Yang akan menjadi contoh muktamar-muktamar dan musyawarah seluruh keluarga besar bangsa. Terakhir tentu kita jadikan muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah berkemajuan. Itulah ciri khas Muhammadiyah. Islamnya berkemajuan, Muhammadiyah dan Aisyiyah berkemajuan, warganya berkemajuan, muktamarnya pun berkemajuan,” ujarnya.

“Selamat jalan sehat, nanti saya tambahkan dari PP Muhammadiyah satu untuk umrah,” kata  Haedar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PWM DKI Jakarta, KH Muhammad Sun’an Miskan Lc menyambut para peserta yang hadir. “Selamat datang kepada seluruh peserta Gerak Jalan Sehat. Sekali lagi, selamat datang,” kata Ketua Umum PWM DKI Jakarta, KH Muhammad Sun’an Miskan Lc.

KH Sun’an juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung jalannya Gerak Jalan Sehat ini. “Tak lupa saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov DKI Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional (Monas) Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif atas rekomendasi izin pemakaian lokasi. Kami di lokasi ini tetap waspada terhadap penularan virus Corona dan terus memperhatikan seruan pemerintah dan WHO,” ujarnya.

KH Sun’an menjelaskan, tujuan diadakan Gerak Jalan Sehat ini ialah dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI dan menggelorakan gebyar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“Dengan muktamar kita siap memajukan Indonesia dan siap mencerahkan semesta,” ujar dia.

Acara gerak jalan ini turut dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir MSi, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Ketua PP Muhammadiyah yang juga Menko PMK Muhadjir Effendi, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas, Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Hj Mashitoh, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan segenap kader, warga, dan simpatisan Muhammadiyah se-DKI Jakarta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement