Rabu 24 Aug 2022 21:54 WIB

Dubai Akan Buka Kuil Hindu Terbesar Pertama di Uni Emirat Arab

Dubai merupakan wilayah di Uni Emirat Arab dengan multiagama termasuk Hindu

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di Dubai Marina, Dubai, UEA (ilustrasi). Dubai merupakan wilayah di Uni Emirat Arab dengan multiagama termasuk Hindu
Foto: Reuters
Bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di Dubai Marina, Dubai, UEA (ilustrasi). Dubai merupakan wilayah di Uni Emirat Arab dengan multiagama termasuk Hindu

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI–Komunitas Hindu di Uni Emirat Arab (UEA) akan segera memiliki kuil besar, independen dan tradisional pertamanya di tempat yang juga Kompleks Gereja di Desa Jebel Ali di Dubai Selatan. 

Daerah ini mencakup sejumlah rumah ibadah, termasuk gereja untuk Koptik dan Evangelis hingga Kuil Guru Nanak Darbar untuk Syiah.

Baca Juga

Kuil bernama Sindhi Guru Darbar ini akan menjadi kuil Hindu kedua di UEA tetapi menjadi kuil independen pertama yang akan diresmikan secara resmi pada 5 Oktober tahun ini di hadapan tokoh agama dan pejabat. 

Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan Festival Hindu Dussehra, yang memperingati kemenangan Rama (dewa Hindu) atas iblis berkepala 10, Raja Rahwana, yang menculik istri Rama, Sinta.

 

Dilansir dari Al-Monitor, Ahad (21/8/2022), lokasi pembangunan kuil baru bersebelahan dengan Kuil Guru Nanak Darbar di Desa Jebel Ali setelah mendapat persetujuan dari Community Development Authority di Dubai (CDA) dan administrasi kuil. 

Pengurus kuil baru, N Mohan, juga mengizinkan pembuatan film di tempat-tempat tertentu di dalam kuil agar tidak mengungkapkan semua detail interior sebelum tanggal pembukaan resmi.

"Lantai pertama mencakup aula doa besar yang langit-langitnya ditutupi oleh bunga lotus merah muda, yang melambangkan keindahan, kesuburan, kemakmuran, kerohanian, dan keabadian di antara umat Hindu. Di sisi dan sudut aula, kamar-kamar kecil dialokasikan untuk 16 dewa Hindu, serta ruang terpisah untuk dewa Brahma," jelas Mohan. 

"Izin Mendirikan Bangunan dari CDA sudah kami peroleh pada September 2021, dan proyek tersebut akan selesai paling lambat akhir September. Setelah perusahaan teknik menyerahkan proyek tersebut, kami akan menempatkan patung-patung yang mewujudkan dewa yang kami puja," tambahnya.

Selain aula utama, lantai pertama mencakup ruang seluas 4.000 kaki persegi yang akan dialokasikan untuk acara keagamaan dan sosial, termasuk ritual untuk jenazah, upacara pernikahan, pelajaran agama, dan acara lainnya.

Lantai dua termasuk kantor untuk administrasi dan dapur besar, di mana makanan gratis disiapkan dan didistribusikan untuk pengunjung selama waktu-waktu tertentu. Syiah dan Hindu biasanya menawarkan jenis makanan tertentu di kuil mereka untuk menghormati para penyembah dan pengunjung.

“Kami mengharapkan jumlah besar dari 1,4 juta umat Hindu yang tinggal di Uni Emirat Arab, sebagian besar di Dubai dan Abu Dhabi, untuk mengunjungi kuil. Kami juga mengharapkan wisatawan dan penduduk dari agama lain untuk berkunjung. Inilah sebabnya kami juga akan membuat platform online bagi pengunjung untuk memesan kunjungan mereka antara pukul 6 pagi hingga 9 malam," kata Mohan.

"Kami tidak dapat menerima lebih dari 1.000 pengunjung per hari karena tindakan pencegahan yang harus kami patuhi demi keselamatan kesehatan," tambahnya.

“Kuil Sindhi Guru Darbar akan dibuka dalam dua tahap: pertama pada 5 Oktober yaitu pembukaan rumah ibadah kecil, dan kemudian lantai dua akan diresmikan pada 14 Desember 2023 yang bertepatan dengan Hari Raya Makar. Festival Sankranti, yang merupakan salah satu hari berkah langka yang dirayakan menurut siklus matahari. Hari ini didedikasikan untuk pemuliaan dewa matahari,” katanya.    

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement