Rabu 24 Aug 2022 07:46 WIB

Salman Aman Foundation Ingin Menjadi Inspirasi Banyak Orang dalam Membantu UMKM

SAF membantu delapan pelaku UMKM baru setiap bulan, senilai Rp 2 juta per UMKM

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
SAF ingin menginspirasi orang lain untuk ikut membantu para pelaku UMKM.
Foto: Salman Aman Foundation
SAF ingin menginspirasi orang lain untuk ikut membantu para pelaku UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salman Aman Foundation (SAF) adalah salah satu yayasan yang membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pimpinan SAF Wisnu Salman mengatakan setiap bantuan yang disalurkan berasal dari keuntungan usahanya, yaitu PT Geo Mining Berkah (GMB).

GMB adalah perusahaan konsultan pertambangan dan lingkungan yang menyediakan layanan perizinan dasar untuk operasional perusahaan dan kebutuhan kajian teknis. “Ini menjadi hal yang memotivasi saya bahwa saya tidak mau bergantung pada orang lain,” kata Wisnu kepada Republika, Senin (22/8/2022).

Karena yayasannya masih kecil, Wisnu mengaku sejauh ini belum bisa membantu banyak orang. Setidaknya sebulan membantu hingga delapan pelaku UMKM baru. Bantuan yang diberikan untuk satu pelaku UMKM sekitar Rp 2 juta.

Namun, lewat kegiatannya ini, dia ingin menginspirasi orang lain untuk ikut membantu para pelaku UMKM. “Kita harus meningkatkan level sosial para pelaku UMKM agar menjadi lebih baik. Usaha harus dibantu dan pastikan mereka sehat dan anak-anaknya mendapat pendidikan yang layak sehingga bisa mengolah usaha keluarga dengan baik. Harapan ke depannya UMKM Indonesia bisa menjadi lebih baik,” ujar dia.

Untuk mencapai tujuannya, SAF memanfaatkan banyak cara, salah satunya dalam ranah digital. Saat ini, Wisnu mengatakan baru menggunakan Instagram untuk sosial media dan media mainstream serta media koran dan online. Menurut dia, hal ini perlu dilakukan agar mendapat jangkauan lebih besar supaya dapat menginspirasi banyak orang.

“Kalau terekspos di media koran dan online, banyak orang yang baca sehingga jangkauanya semakin besar. Tujuan saya pribadi bisa meningkatkan banyak pelaku UMKM dan menginspirasi banyak orang dan lembaga untuk bisa meniru cara kerja kami,” tambahnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement