Kamis 11 Aug 2022 15:05 WIB

Gaza Berduka, 16 Anak Gugur karena Serangan Israel

Anak-anak Palestina tidak bisa menjalani masa kecil yang damai.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Para pelayat menghadiri pemakaman empat warga Palestina, tiga bersaudara dari keluarga Al-Nejm dan satu lagi korban serangan udara Israel pada 07 Agustus di Jalur Gaza utara, di kamp pengungsi Jabaliya, Jalur Gaza utara, 08 Agustus 2022. Militan Israel dan Palestina di Gaza mengkonfirmasi gencatan senjata yang dimediasi Mesir yang mulai berlaku pada 07 Agustus 2022, pukul 23:30 waktu setempat (20:30 GMT), setelah tiga hari saling bertukar serangan roket dan serangan udara yang mengakibatkan kematian sedikitnya 44 warga Palestina dan cedera. 360 lainnya, menurut Kementerian Kesehatan Palestina. Gaza Berduka, 16 Anak Tewas karena Serangan Israel
Foto:

Salah satu ayah anak laki-laki Najam, Ehab, mengatakan tidak ada keamanan untuk anak-anak di Gaza. “Pemakaman yang diserang Israel ini seperti taman untuk anak-anak kami. Saya meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel agar berhenti membunuh anak-anak kami," katanya.

Jumat lalu, Israel melancarkan serangan baru di Jalur Gaza yang terkepung, yang masih belum pulih dari perang Mei 2021 yang menewaskan lebih dari 260 warga Palestina dan menghancurkan ribuan rumah, bangunan, dan bisnis. Kali ini, Israel mengatakan melakukan serangan preemptif di Gaza setelah menangkap seorang anggota politik senior kelompok Jihad Islam Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Kelompok itu tidak bereaksi terhadap penangkapan itu, tetapi setelah sebuah rudal Israel membunuh salah satu komandan senior mereka Taysir al-Jabari pada hari Jumat, sayap bersenjata Jihad Islam meluncurkan tembakan roket ke arah Israel. Tapi serangan itu tidak menelan korban.

'Perang dan pembantaian'

Dari 16 anak yang tewas di Gaza, sembilan tinggal di kamp pengungsi Jabaliya. Pada hari Sabtu, empat anak lain di kamp itu terbunuh, beberapa saat mereka pergi membeli makanan dari pasar.

Jenazah Hazem Salem (9 tahun) dan saudara Momen dan Ahmad al-Nairab (5) dan (11), masing-masing tiba di rumah sakit terdekat dalam keadaan berkeping-keping. Khalil Abu Hamada (18) juga tewas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement