Sabtu 06 Aug 2022 16:54 WIB

Berencana ke Jepang? Simak Panduan Wisata Ini Bagi Muslim

Orang Jepang pada umumnya sangat toleran terhadap turis, termasuk Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Camii Tokyo, Jepang. Berencana ke Jepang? Simak Panduan Wisata Ini Bagi Muslim
Foto: onislam
Masjid Camii Tokyo, Jepang. Berencana ke Jepang? Simak Panduan Wisata Ini Bagi Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang hanya memiliki persentase yang sangat kecil populasi Muslim. Namun, jumlah turis Muslim telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Orang Jepang juga pada umumnya sangat toleran terhadap turis dengan latar belakang dari berbagai agama, termasuk Islam. Tetapi pemahaman tentang agama tersebut sangat kurang sehingga layanan dan fasilitas untuk pelancong Muslim juga minim. Kabar baiknya, dengan meningkatnya jumlah pengunjung Muslim, asosiasi turis dan bisnis di negeri sakura tersebut telah meningkatkan upaya memperbaiki situasi guna melayani wisatawan Muslim.

Baca Juga

Makanan halal

Dilansir dari Japan Guide, saat ini hanya ada sedikit produsen makanan halal dan restoran halal di Jepang. Banyak restoran halal di Jepang menyajikan alkohol karena sulit bagi restoran di sana untuk bertahan hidup tanpa melakukannya. 

 

Ada beberapa restoran yang melabeli diri mereka sebagai "halal" atau "ramah Muslim" dan menawarkan menu halal di samping menu reguler mereka. Namun, hidangan mereka kemungkinan besar disiapkan di dapur yang sama dengan hidangan non-halal.  

Restoran halal dapat ditemukan di bandara besar dan beberapa hotel besar terkemuka, namun perlu diketahui bahwa beberapa di antaranya memerlukan reservasi sebelumnya setidaknya beberapa hari untuk menyiapkan makanan halal. Restoran non-Jepang yang menawarkan masakan Bangladesh, Mesir, India, Indonesia, Iran, Malaysia, Maroko, Pakistan, dan Turki bersama dengan beberapa restoran vegetarian mungkin juga memiliki pilihan makanan halal. 

Beberapa situs reservasi perjalanan, seperti Voyagin, menawarkan beberapa daftar restoran halal atau ramah Muslim. Untuk mendapatkan informasi tentang makanan halal, disarankan untuk berkonsultasi dengan pusat informasi turis setempat. Di Tokyo, salah satunya adalah Pusat Informasi Wisata Budaya di Asakusa.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement