Jumat 05 Aug 2022 14:15 WIB

Guru Mainkan Peran Penting Kawal Literasi Digital

Literasi digital pada madrasah akan memberikan penguatan pada kompetensi guru.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Literasi digital
Foto: Dok Istimewa
Literasi digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani menjelaskan, guru madrasah sebagai garda terdepan dalam menyiapkan generasi masa depan, tentunya memiliki peran penting. Oleh sebab itu, guru madrasah harus memiliki kualitas dan kompetensi yang unggul, terlebih di bidang literasi digital.

“Kita menghendaki guru madrasah yang memiliki kualitas dan kompetensi yang unggul. Kualitas guru yang unggul tentunya akan berdampak pula pada kualitas anak didik di madrasah,” ujar Ramdhani, Kamis (3/8/2022).

Baca Juga

Ramdhani mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di madrasah adalah penguatan literasi digital dan peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

"Literasi digital pada madrasah akan memberikan penguatan pada kompetensi guru madrasah dengan tujuan utama menghadirkan pendidikan yang terbaik bagi anak bangsa khususnya anak didik kita di madrasah,” ucap dia.

 

Teknologi digital, lanjutnya, memberikan peluang yang memungkinkan peserta didik di madrasah untuk mengekspresikan diri mereka sebagai konsumen dan produsen konten digital. Karena itu, menurut dia, guru madrasah harus mampu mengawal anak didiknya saat berada di dunia digital.

Menurut dia, guru memiliki peran penting dalam mengawal pemahaman literasi digital kepada peserta didik, serta menanamkan kultur digital. Dia berharap, agar para siswa madrasah ke depannya tidak hanya sekadar menonton perkembangan teknologi digital, tapi juga harus terlibat menjadi perlaku atas perkembangan digital.

“Kita harus mempersiapkan digital culture, agar kemudian mereka hadir tidak sekadar menonton dari sebuah perkembangan digital peradaban,” kata Ramadhani.

Sebagai informasi, buku Panduan Literasi Digital bagi Guru Madrasah memuat pengantar umum tentang literasi digital dan relevansinya bagi dunia pendidikan, khususnya di lingkungan madrasah. Buku ini menyajikan uraian komprehensif tentang konsep literasi digital, kompetensi digital, keterampilan digital dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement