Ahad 31 Jul 2022 11:25 WIB

Menhub Budi Karya Tinjau Pelatihan Mengemudi Gratis untuk Dhuafa di Masjid Ash Shomad

Budi Karya minta Blue Bird menerima peserta pelatihan yang belum memiliki pekerjaan.

Manhub Budi Karya Sumadi didampingi Ketua Umum DKM Ash Shomad Ustaz Marzuki Al Jawie saat sambutan Pekan Muharram 1444 H, Ahad (31/7/2022)
Foto: istimewa
Manhub Budi Karya Sumadi didampingi Ketua Umum DKM Ash Shomad Ustaz Marzuki Al Jawie saat sambutan Pekan Muharram 1444 H, Ahad (31/7/2022)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid Ash Shomad yang terletak di Perumahan Citra Raya, Kabupaten Tangerang menggelar rangkaian Pekan Muharram 1444 Hijriyah. Sejumlah kegiatan yang digelar di antara Pelatihan Mengemudi Gratis untuk Dhuafa dan Santuan Fakir Miskin. 

Manhub Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan Pelatihan Mengemudi Gratis angkatan 3 dan 4 di Masjid Ash Shomad, Ahad (31/4/2022). Budi Karya bahkan mendampingi secara langsung dan berdialog peserta pelatihan mengemudi. Bahkan Budi Karya mengarahkan para peserta lulusan Pelatihan Mengemudi Gratis yang belum punya kerjaan untuk diterima bekerja perusahaan taksi Blue Bird. Sejumlah driver Blue Bird juga terlihat hadir di Masjid Ash Shomad untuk menyeleksi langsung peserta Pelatihan Mengemudi Gratis. 

Baca Juga

Budi Karya yang juga pendiri sekaligus ketua Dewan Penasehat Masjid Ash Shomad ini berharap Pelatihan Mengemudi Gratis ini bisa memberikan dampak ekonomi bagi peserta pelatihan yang dhuafa. "Masjid berperan penting dalam pengembangan ekonomi dan bermanfaat untuk orang banyak," kata Budi Karya. 

Selain meminjau Pelatihan Mengemudi Gratis untuk Dhuafa, Menhub Budi Karya juga memberikan santunan untuk 70 anak yatim dan 40 perserta les mengemudi dari kalangan tidak mampu dan tidak punya pekerjaan. 

Ketua Umum DKM Masjid Ash Shomad Ustaz Dr Marjuki Al Jawiy mengatakan Pekan muharam di Ash Shomad difokuskan pada pemberdayaan keumatan dan ekonomi keumatan. Dia berharap pelatihan mengemudi agar bermanfaat untuk masa dengan dan peningkatan taraf ekonomi umat. 

Ustaz Marjuki mengatakan Masjid Ash Shomad memiliki sejumlah program dan layanan gratis untuk umat dan jamaah. Di antaranya layanan mobil jenazah gratis, program pelatihan mengendarai mobil gratis, program penyediaan air minum isi ulang gratis, dan Bersih-bersih Masjid di lingkungan sekitar Masjid Ash Shomad. "Serta beberapa program yang kami siapkan untuk mendekatkan masjid dengan umat," kata Ustaz Dr Marjuki.

Masjid yang didirikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Ketua Pembina YBMI ini baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang. Masjid Ash Shomad beberapa waktu lalu menggelar Sholat Idul Adha dan penyaluran hewan qurban tahun ini, Masjid Ash Shomad juga telah menggelar sholat Jumat, sholat Tarawih, pembagian takjil, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Nuzulul Quran.

Selama Ramadhan, Masjid Ash Shomad juga melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat di antaranya membagikan bantuan sembako untuk warga sekitar, ojek online, dan para musafir. Masjid Ash Shomad juga mengadakan program bersih-bersih 30 unit bangunan masjid dan mushola di seputar Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten, sepanjang Ramadhan 2022. Bersih-bersih masjid ini dikerjakan oleh tim profesional. Program besih-bersih masjid juga merekrut marbot masjid setempat dan masyarakat untuk membantu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement