Rabu 20 Jul 2022 16:16 WIB

Ketua MUI: Maksimalkan Masjid Sebagai Pusat Literasi Keagamaan

Masjid harus secara maksimal dijadikan sebagai pusat literasi keagamaan yang baik.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla saat sambutan dalam Konferensi Internasional Komunitas Masjid Asean Tahun 2022 di Gedung DMI, Jalan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (20/7).
Foto:

"Isu lain yang menurut saya penting menjadi perhatian ialah Masjid Al-Aqsha yang dalam waktu panjang terancam oleh tindakan-tindakan brutal zionis Israel. Masjid Al-Aqsha sebagai tempat ibadah menjadi tidak aman karena sering diinjak-injak dan diserang oleh kelompok-kelompok ekstrem Yahudi dan didukung oleh tentara Israel," tuturnya.

Sudarnoto mengatakan, masyarakat dan penguasa zionis Israel benar-benar menunjukkan kebencian yang sangat luar biasa. Ini mengancam eksistensi Masjid Al-Aqsha sebagai masjid yang sangat bersejarah dan dijaga oleh umat Islam selain Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah Arab Saudi. Karena itu, menurutnya, konferensi diharapkan melahirkan sebuah resolusi penting tentang pembelaan terhadap Masjid Al-Aqsha.

"Selamat dan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya konferensi ini. Semoga berjalan lancar dan berhasil merumuskan pandangan-pandangan penting dari seluruh peserta terutama dalam rangka mentakmirkan masjid khususnya yang ada di wilayah Asia Tenggara, memperkokoh jamaah dan kerjasama antarmasjid, memaksimalkan pemanfataan masjid sebagai pusat ibadah, taklim (pendidikan) atau literasi keagamaan dan peradaban, ekonomi dan kemanusiaan, dan dakwah Islamiyah," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement