Selasa 12 Jul 2022 08:43 WIB

Baznas Tebar Kurban ke Empat Wilayah di Sleman

Tahun ini Baznas Sleman menyiapkan empat ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk kurban

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Christiyaningsih
Panitia menimbang daging hewan kurban untuk dibagikan kepada warga. Tahun ini Baznas Sleman menyiapkan empat ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk kurban. Ilustrasi.
Foto: Prayogi/Republika.
Panitia menimbang daging hewan kurban untuk dibagikan kepada warga. Tahun ini Baznas Sleman menyiapkan empat ekor sapi dan tiga ekor kambing untuk kurban. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman kembali melakukan kegiatan Tebar Kurban, Sebar Kepedulian dalam rangka Hari Raya Idul Adha 2022. Tahun ini, Tebar Kurban diselenggarakan di empat Kapanewon (Kecamatan)di Kabupaten Sleman, mulai Kapanewon Moyudan, Godean, Gamping, dan Kapanewon Mlati.

Pada pelaksanaan Tebar Kurban tahun kelima ini, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa hadir secara langsung sekaligus menyerahkan satu ekor sapi di Kalurahan Sumberarum, Moyudan. Ketua Baznas Sleman, Kriswanto, mengatakan tahun ini Baznas Sleman telah menyiapkan empat ekor sapi dan tiga ekor kambing yang akan disebar untuk warga. Kriswanto menuturkan kegiatan Tebar Kurban ini dilaksanakan selama dua hari.

Baca Juga

"Pada hari pertama 11 Juli 2022 dilaksanakan di Kapanewon Moyudan dan Godean. Sedangkan hari kedua 12 Juli 2022 dilaksanakan di Kapanewon Gamping dan Mlati," kata Kriswanto, Selasa (12/7/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Baznas Sleman yang telah melakukan Tebar Kurban setiap tahunnya. Danang menilai kegiatan tebar kurban ini merupakan bentuk kepedulian khususnya, kepada warga Sleman yang memiliki keterbatasan untuk melakukan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, Danang berpendapat partisipasi masyarakat Sleman dalam Idul Adha tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Danang menyebut pada hari pertama penyelenggaraan Idul Adha, terdapat 5.200 hewan kurban yang disembelih baik sapi maupun kambing. Sedangkan pada hari kedua terdapat sebanyak 10.216 hewan kurban yang disembelih di Sleman.

"Walaupun di tengah pandemi, partisipasi masyarakat untuk berkurban pada tahun ini terdapat peningkatan dan alhamdulillah setelah dilakukan pantauan juga pemeriksaan tidak ada yang terinfeksi PMK," ujar Danang.

Pada kesempatan itu, Danang turut menyampaikan imbauan kepada masyarakat Sleman agar senantiasa waspada terhadap penularan PMK kepada hewan-hewan ternak. Salah satunya memperhatikan cara penanganan hewan kurban dan pengolahan daging kurban.

Meski begitu, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman menemukan beberapa daging hewan ternak yang dipotong terkena cacing hati. Ditemukan di semua kecamatan, cacing hati menyerang 60 ekor sapi dan satu ekor kambing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement