Jumat 01 Jul 2022 23:42 WIB

Indonesia Raya Tak Cuma Lagu Kebangsaan, Ini Maknanya Menurut Habib Luthfi

Habib Lutfhi menjelaskan makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi menyanyikan Indonesia Raya. Habib Lutfhi menjelaskan makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Ilustrasi menyanyikan Indonesia Raya. Habib Lutfhi menjelaskan makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Rais 'Aam Jam'iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu'tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, mengajak masyarakat Indonesia menghayati makna mendalam kala menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. 

Hal ini sebab orang yang dapat memahami dan menghayatinya dengan mendalam akan merasakan kebanggan sebagai warga negara Indonesia.  

Baca Juga

"Untuk mengibarkan sang saka merah putih dikira tokoh-tokoh agama tidak ikut campur? Beliau-beliau ikut andil besar. Mendorong keyakinan yang luar biasa. Mulai melentur nasionalisme mencintai bangsa ini. Lupa pendiri bangsa ini, siapa tokoh utama yang ikut andil besar dalam memerdekakan bangsa ini," kata pimpinan Majelis Kanzus Sholawat ini.  

Menurut Habib Luthfi lagu Indonesia raya berisikan ikrar pengakuan setia terhadap Indonesia sepanjang masa. Di mana dari pengakuan tersebut muncul rasa syukur sebagai anak bangsa. Selain itu dia juga mengajak masyarakat untuk memahami makna bendera Merah Putih yang merupakan kehormatan, harga diri dan jati diri bangsa yang harus dipertahankan.  

Habib Luthfi mengingatkan agar selalu percaya diri, bangga dan menunjukan jati diri sebagai bangsa Indonesia di mana pun berada karena hal ini pula telah ditanamkan oleh para pendahulu Indonesia. Dengan begitu setiap individu memiliki rasa untuk menjaga, merawat dan melindungi Indonesia.  

Habib Luthfi menjelaskan bahwa tujuan Allah SWT menciptakan manusia dalam perbedaan adalah untuk saling mengenal sehingga muncul sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya.

Seorang Muslim yang mengerti konsep demikian, menurut Habib Luthfi  pastinya akan memberikan teladan dan menjadi juru damai perekat umat dan bangsa. Sehingga tidak mudah menjadi bangsa yang gampang dipecah belah oleh pihak lain.  

Selain itu Habib Luthfi juga mengajak segenap masyarakat Indonesia bangga menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk yang dibuat dan dihasilkan di dalam negeri. Sebab itu merupakan bentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap Tanah Air. 

Menurutnya bila masyarakat Indonesia memiliki kefanatikan terhadap hasil karya bumi pertiwi maka dalam waktu dekat perekonomian Indonesia dapat maju dengan pesat. Di samping itu Habib Luthfi juga mengingatkan agar setiap elemen bangsa menjauhi pertengkaran yang justru hanya menghambat kemajuan bangsa. Andrian Saputra    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement