Kamis 23 Jun 2022 01:05 WIB

Fatima Hamed Hossain dan Tekad Perangi Islamofobia di Ceuta, Spanyol

Ia simbol nasional untuk perang melawan ujaran kebencian terhadap Islam dan ketidakse

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ani Nursalikah
Fatima Hamed Hossain, Muslimah asal Ceuta, Spanyol. Ia memerangi islamofobia di Spanyol. Fatima Hamed Hossain dan Tekad Perangi Islamofobia di Ceuta, Spanyol
Foto:

Hari-hari ini di jalan-jalan Ceuta, Fatima Hossain terkenal, dan reputasinya untuk mengalahkan gerakan sayap kanan sudah mapan. "Fatima sangat berkualifikasi, timnya selalu menanggapi panggilan kami, dan dia menentang mereka yang ingin memecah-belah kami," kata Piedad (40 tahun), seorang Kristen yang bekerja sebagai petugas kebersihan dan tinggal di lingkungan Hadu, kubu Partai MDyC. 

Di El Principe, saudara perempuan Sara (25) dan Ahlem (27) juga antusias dengan Fatima Hossain. "Saya suka Fatima. Saya suka apa yang dia katakan dan bagaimana dia mengatakannya, semuanya. Dia memberikan segalanya di setiap sesi pleno dan menentang Vox," kata Sara.

Namun, tidak semua orang memiliki kata-kata yang baik untuk pemimpin Partai MDyC. Rahma Mokhlis (45) adalah perwakilan dari asosiasi lingkungan di Benzu, pinggiran kota kecil di utara Ceuta dengan hampir tidak ada layanan publik yang berfungsi. Dia mengakui bahwa Fatima Hossain adalah wanita pejuang yang membangkitkan hati nurani dan menjadi contoh bagi banyak wanita. Namun, dia mengkritik individualismenya.

“Di tingkat nasional dia menggambarkan sebuah citra, tetapi di tingkat lokal dia menunjukkan wajah yang berbeda,” kata Mokhlis. 

Untuk saat ini, Hossain menghindari pembicaraan tentang pemilu tahun depan. "Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, dan saya hanya berharap warga memperhatikan kontribusi satu sama lain dengan baik. Ceuta adalah dan akan selalu menjadi kota antarbudaya dan beragam, bahkan bagi mereka yang menginginkan masyarakat berdasarkan kebencian dan ketakutan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement