Jumat 17 Jun 2022 16:49 WIB

BAZNAS dan MUI Dorong Penguatan Dakwah Zakat di UPZ PT Timah

BAZNAS Provinsi Bangka Belitung yang menargetkan Rp 56 miliar dari seluruh kab/kota.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memperkuat dakwah zakat di lingkungan UPZ BAZNAS PT Timah.
Foto: Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memperkuat dakwah zakat di lingkungan UPZ BAZNAS PT Timah.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memperkuat dakwah zakat di lingkungan UPZ BAZNAS PT Timah. 

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memberi pembekalan pengelolaan zakat nasional di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (16/6), dengan dihadiri Kadiv UPZ BAZNAS RI, Mohan; Sekjen MUI, Buya Amirsyah Tambunan; Ketua BAZNAS Provinsi Bangka Belitung, H Arif Magu; Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS PT Timah serta beberapa pengelola zakat lainnya.

Optimalisasi pengelolaan zakat menjadi sangat vital, demi mendorong tercapainya target pengelolaan BAZNAS RI sebesar Rp 26 triliun, dan BAZNAS Provinsi Bangka Belitung yang menargetkan Rp 56 miliar dari seluruh kab/kota. Semakin besar pencapaian zakat, maka hal itu akan turu berdampak pada semakin meningkatnya kesejahteraan umat, dan semakin banyak masyarakat yang terbantu. 

Dalam sambutannya, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, mengatakan dalam upaya penguatan pengelolaan zakat, lembaga zakat harus memperkuat kepercayaan masyarakat, berkolaborasi dengan berbagai elemen umat, serta memperbanyak silaturahim dan literasi pengelolaan zakat. 

 

"Kepercayaan, kolaborasi, dan penguatan literasi zakat tak bisa dipisahkan dalam upaya menguatkan pengelolaan zakat," katanya, dalam siaran pers, Jumat (17/6/2022). 

photo
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam memperkuat dakwah zakat di lingkungan UPZ BAZNAS PT Timah. - (Baznas)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi UPZ BAZNAS, Mohan, menyampaikan optimalisasi zakat akan terwujud dengan koordinasi dan komunikasi yang intensif serta akan mengupayakan kegiatan pembekalan pengelolaan zakat terus diintensifkan dalam penguatan pengelolaan zakat secara nasional pada umumnya serta UPZ pada khususnya.

"BAZNAS RI selalu mendorong penguatan UPZ di mana pun berada, salah satunya dengan pembekalan intensif demi turut optimalisasi zakat. Tentu kami terus mengupayakan agar sosialisasi dan pembekalan seperti ini dapat terus dilakukan di banyak UPZ BAZNAS," ucap Mohan. 

Melalui acara ini, turut diharapakan agar sinergi pengelolaan zakat dalam upaya mendorong kesejahteraan umat semakin optimal. 

PT Timah telah menjadi bagian UPZ BAZNAS sejak 2012 yang memfasilitasi zakat penghasilan karyawan PT Timah untuk ditunaikan ke BAZNAS RI. Selanjutnya UPZ PT Timah bersama BAZNAS menyalurkan kepada penerima zakat di sekitar lingkungan PT Timah, dalam bentuk program ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial, dan keagamaan.

Salah satu keberhasilan penyaluran zakat UPZ BAZNAS PT Timah adalah menjadikan 200 penerima zakat di bidang ekonomi menjadi muzaki dan masih banyak keberhasilan program lainnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement