Senin 30 May 2022 22:00 WIB

Luncurkan Mujahid Cyber, MUI DKI Jakarta Siap Perangi Hoaks

Mujahid Cyber ini untuk mencerdaskan literasi digital umat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Berita palsu atau hoaks. Luncurkan Mujahid Cyber, MUI DKI Jakarta Siap Perangi Hoaks
Foto: Pixabay
Berita palsu atau hoaks. Luncurkan Mujahid Cyber, MUI DKI Jakarta Siap Perangi Hoaks

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, KH Munahar Muchtar secara resmi meluncurkan Mujahid Cyber untuk memerangi hoaks. Peluncuran ini dirangkaikan dengan Halal Bilhalal dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar di Harris Hotel, Senin (30/5/2022). 

Kiai Munahar mengatakan Mujahid Cyber memang telah dinantikan oleh sejumlah kalangan. Karena, menurut dia, wadah para pejuang siber ini akan menjadi andalan untuk perangi hoaks dan menjadi garda terdepan untuk melawan hoaks. 

Baca Juga

"MUI DKI siap menjadi yang terdepan untuk melawan hoaks dan para buzzer," ujar Kiai Munahar dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (30/5/2022). 

Kiai Munahar menjelaskan, sebenarnya ada sejumlah nama mengemuka untuk pejuang siber MUI DKI Jakarta ini. Setelah menerima masukan dari beberapa tokoh nasional, akhirnya dipilihkan nama Mujahid Cyber.

Kiai Munahar berterima kasih dengan kinerja bidang Infokom MUI DKI yang dipimpin KH Faiz Rafdi hingga bisa terbentuk Mujahid Cyber. Dia pun berharap Infokom segera mungkin menggaungkan Mujahid Cyber ini. 

Sementara itu, Ketua Bidang Infokom MUI DKI Jakarta KH Faiz Rafdi mengatakan, tugas pokok Mujahid Cyber ini untuk mencerdaskan literasi digital umat, serta meluruskan informasi yang sesat dan menebarkan ajaran agama yang Rahmatan Lil Alamin.

"Mujahid Cyber ini berfungsi sebagai Khadimul Ummat (pelayan ummat) dan Shadiqul Hukumah (mitra pemerintah) dalam informasi dan komunikasi," kata Kiai Faiz.

Muhajid Cyber ini juga sebagai penyeimbang dan penyedia Insan Beriman yang merupakan akronim dari Informasi Sehat, Aman, Bermutu dan Beriman. Struktur Mujahid Cyber ini bakal terdiri dari Dewan Penasehat, Dewan Pembina dan Dewan Pengurus, yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan sejumlah Divisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement