Senin 30 May 2022 00:03 WIB

Tingkatkan Minat Literasi, Rumah Belajar Juara Optimalkan Program Bimbingan Belajar

Diharapkan seluruh bentuk literasi bisa dikuasai oleh peserta didik di Rumah Belajar

Rumah Zakat dalam meningkatkan literasi masyarakat di Desa Suka Maju adalah dengan mendirikan Rumah Belajar Juara (RBJ) di Desa Suka Maju.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat dalam meningkatkan literasi masyarakat di Desa Suka Maju adalah dengan mendirikan Rumah Belajar Juara (RBJ) di Desa Suka Maju.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU BARA -- Salah satu cara yang dilakukan Rumah Zakat dalam meningkatkan literasi masyarakat di Desa Suka Maju adalah dengan mendirikan Rumah Belajar Juara (RBJ) di Desa Suka Maju. Berbagai program dilaksanakan di RBJ guna untuk menumbuhkan literasi serta meningkatkan kemampuan yang memang saat ini bisa dikatakan sangat miris dalam perkembangannya.

Salah satu program di Rumah Belajar Juara yang berupaya meningkatkan minat literasi warganya adalah dengan mengadakan bimbel. Bagi anak-anak yang merasa sulit membaca dan berhitung, maka RBJ memfasilitasi dengan mengadakan bimbingan belajar yang dilaksanakan setiap pekannya.

Baca Juga

Tentu metode serta pembelajaran yang dilakukan sudah mengacu kepada target kementerian pendidikan yang memang setiap pembelajaran yang ada pada pendidikan formal dan nonformal, agar menekankan pada kemampuan literasi setiap peserta didiknya. Diharapkan seluruh bentuk literasi bisa dikuasai oleh peserta didik di Rumah Belajar Juara.

Terutama hal yang paling urgent adalah bagaimana merentas ketidakmampuan beberapa anak yang sampai saat ini masih ada yang belum bisa membaca dan berhitung dengan baik. Belum lagi bisa mengupgrade kemampuan perkembangan literasi digital yang sampai saat ini memang sedang digadang gadang.

“Kita menggratiskannya, tentu ini akan membantu masyarakat tidak mampu di desa suka maju ini. Dan juga ini merupakan target dari Rumah Belajar menjadi lembaga pendamping dalam membantu lembaga pendidikan formal untuk menuntaskan permasalahan yang dialami oleh beberapa anak sekarang ini,” tutur Fauzi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement