Selasa 03 May 2022 11:51 WIB

Muslim San Diego Rayakan Idul Fitri di Taman Colina Del Sol

Banyak keluarga memilih untuk pergi ke taman hiburan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Muslim San Diego Rayakan Idul Fitri di Taman Colina Del Sol (ilustrasi).
Foto: .
Muslim San Diego Rayakan Idul Fitri di Taman Colina Del Sol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Muslim dari seluruh San Diego berkumpul di Colina Del Sol Park, City Heights, Senin (2/5) pagi. Mereka hadir untuk merayakan Idul Fitri, yang menandai akhir Ramadhan.

Abdullahi Shane dan Ahmad Mahmuod merupakan relawan yang membantu merencanakan acara tersebut. Mahmoud menyebut Idul Fitri yang merupakan salah satu dari dua hari raya umat Islam.

Baca Juga

"Kami merayakan akhir bulan suci Ramadhan, di mana kami berpuasa selama 30 hari. Selama itu kami berdoa, memberi banyak amal dan terhubung dengan komunitas dan persaudaraan.  Jadi, hari ini adalah salah satu hari terbesar kami," kata dia dikutip di KPBS, Selasa (3/5/2022).

Kegiatan selama Idul Fitri disebut biasanya melaksanakan ibadah shalat Ied bersama keluarga dan teman, hingga berbagi makanan dan hadiah. Ini juga menjadi waktu bagi umat Islam untuk menghentikan puasa, yang berlangsung dari matahari terbit hingga terbenam sepanjang Ramadhan.

Shane menyebut di hari istimewa ini, setiap Muslim akan bersenang-senang, serta mendedikasikan waktu yang ada untuk keluarga dan teman. 

Menurut Mahmoud, banyak keluarga memilih untuk pergi ke taman hiburan, melakukan seni dan kerajinan, bahkan merayakannya dengan musik dan tarian.

“Ini adalah hari di mana orang-orang mengambil cuti dan anak-anak tidak pergi ke sekolah. Jadi ini benar-benar komunitas,” kata mahasiswa UC Berkeley itu.

Mahmuod mengatakan Idul Fitri adalah perayaan selama tiga hari yang penuh keceriaan. Namun, di sisi lain ini menjadi momen yang pahit, karena menandakan akhir bulan yang memupuk kebaikan dan kebersamaan.

Bagi banyak non-Muslim, mereka berpikir ketika Ramadhan berakhir berarti bahagia karena dapat kembali makan dan minum dan melakukan aktivitas yang sebelumnya tertunda.

"Tetapi apa yang tidak mereka sadari adalah hati kita merindukan Ramadhan yang lebih panjang, karena bulan itu benar-benar dihabiskan dengan cara yang sangat indah yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata," lanjutnya. 

 

Sumber: https://www.kpbs.org/news/local/2022/05/02/san-diego-muslims-celebrate-eid-al-fitr-end-of-ramadan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement