Selasa 12 Apr 2022 13:44 WIB

Zakat BSI Disalurkan pada Tiga Program

BSI telah membayar zakat perusahaan kepada Baznas sebesar lebih dari Rp 122,5 miliar

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang dikelola dalam tiga program utama. (ilustrasi).
Foto: BSI
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang dikelola dalam tiga program utama. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang dikelola dalam tiga program utama. Sepanjang tahun 2021, zakat disalurkan ke program Mitra Umat, Didik Umat, dan Simpati Umat dengan total penerima manfaat sejumlah 95.400 orang di seluruh Indonesia.

"Diharapkan zakat perusahaan mampu memberikan seluas-luasnya bagi kemaslahatan masyarakat," kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Selasa (12/4).

Baca Juga

Pada program Mitra Umat, BSI memiliki Program Desa BSI dan UMKM BSI dengan total penerima manfaat 1.125 kepala keluarga atau sejumlah 5.940 jiwa. Program kedua yaitu Didik Umat, BSI memiliki Program Beasiswa Sahabat Indonesia dan Program Bina Santri Indonesia.

Program itu dikhususkan untuk pelajar setingkat SMP-SMA yang belum berkesempatan melanjutkan ke pendidikan formal namun memiliki minat dalam belajar agama dan menghafal Alquran. Total penerima manfaat kedua program ini adalah 4.540 orang.

Adapun program terakhir yaitu Simpati Umat, terdiri atas Program Bantuan Pangan bagi Ponpes, kelompok disabilitas dan masyarakat dhuafa dengan total penerima manfaat sebanyak 22 ribu orang. Ada pula Program Bantuan Langsung Mustahik, yaitu penyaluran pada mustahik delapan asnaf yang membutuhkan bantuan dengan total penerima manfaat sebanyak 15 ribu orang.

Terakhir adalah Program BSI Care, yaitu program yang bersifat bantuan charity dan layanan kedaruratan, seperti bencana, pelayanan medis, dan pelayanan jenazah. Bantuan terdiri dari bantuan kesehatan mustahik, program rumah singgah, pelayanan jenazah dan medis, serta program desa tangguh bencana dan respon kebencanaan.

BSI telah membayar zakat perusahaan kepada Baznas sebesar lebih dari Rp 122,5 miliar. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan pembayaran zakat BSI pada tahun lalu yang sebesar Rp 94 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement