Sabtu 12 Mar 2022 05:25 WIB

Tips Bagi Mualaf Menyesuaikan Diri dengan Sholat Lima Waktu

Bagi mualaf, memulai perjalanan sholat akan membawa manfaat yang besar.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sholat. Tips Bagi Mualaf Menyesuaikan Diri dengan Sholat Lima Waktu
Foto:

Selain jam alarm, kita juga bisa memasang alarm yang membunyikan adzan. Ponsel yang saat ini sudah modern biasanya memiliki aplikasi adzan yang berbunyi di setiap waktu sholat.

Bunyi alarm berupa adzan ini sangat berguna, terutama bagi Muslim yang tinggal di negara di mana adzan tidak dikumandangkan secara umum. Jika itu tak memungkinkan, atur ponsel agar bergetar sebagai  pengingat di setiap waktu sholat.

Sholat merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan khusyuk. Namun, tidak jarang kita sulit merasa khusyuk dalam beribadah sholat, baik itu karena ada gangguan ataupun karena tidak dapat berkonsentrasi.

"Itu semua tergantung pada seberapa baik kita siap. Jika kita akan sholat langsung dari menonton pertandingan sepak bola atau sitkom di TV, maka pikiran kita tidak akan tertuju pada Allah saja. Jadi kita perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan sholat," kata Idris.

Idris mengatakan berwudhu sebenarnya memberikan waktu untuk kita bersiap dan mengarahkan pikiran tertuju pada Allah. Ketika kita membasuh kotoran yang menempel di badan kita, kita mempersiapkan diri untuk sholat untuk membersihkan kotoran yang menempel di hati dan hidup kita.

Karena itu, menurut Idris, bagi mereka yang baru memeluk Islam, memulai perjalanan sholat akan membawa manfaat yang besar. "Yang paling luar biasa dari semuanya adalah itu akan membantu kita untuk menempatkan hidup kita ke dalam perspektif, melihat segala sesuatu berasal dari Allah dan kepada Allah-lah semua akan kembali," tambah Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement