Senin 07 Mar 2022 08:00 WIB

Invasi Rusia ke Ukraina, Bella Hadid Ingatkan Negara Muslim Juga Sedang dalam Perang

Hadid mengingatkan penindasan berhak mendapatkan kecaman yang setara.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Model keturunan Palestina-Amerika Serikat Bella Hadid. Invasi Rusia ke Ukraina, Bella Hadid Ingatkan Negara Muslim Juga Sedang dalam Perang
Foto:

Bulan lalu, koresponden senior CBS News di Kyiv, Charlie D'Agata membuat pernyataan yang meresahkan tentang konflik di Ukraina dibandingakn negara-negara dunia ketiga. "Dengan segala hormat, ini bukan lokasi seperti Irak atau Afghanistan, di mana konflik telah berkecamuk selama beberapa dekade. Ini adalah kota yang cukup berbudaya, relatif Eropa dan saya harus memilih kata sifat itu dengan hati-hati,  kota di mana Anda tidak akan mengantisipasi atau berharap perang terjadi," ucapnya. 

Pernyataan D'Agata memicu kemarahan online ketika pernyataannya menjadi viral. Pernyataannya tersebut telah dilihat lebih dari 1,5 juta tampilan di Twitter. 

Pernyataan tersebut dikecam karena rasialiss dan secara historis tidak akurat. Ia kemudian mengeluarkan permintaan maaf melalui jaringan streaming CBS News pada Sabtu (26/2/2022).  "Saya berbicara dengan cara yang saya sesali, dan untuk itu saya minta maaf," ucapnya.

Di tengah larangan jilbab di negara-negara seperti India dan Prancis, Hadid baru-baru ini menentang prasangka terhadap Muslim yang mengenakan jilbab. Ia menyerukan pemerintah berhenti mendikte pilihan perempuan dan apa yang bisa mereka kenakan. 

Pada 2017, Hadid menyatakan dia adalah Muslim yang bangga yang membela saudara perempuan Muslimnya. Dia sangat vokal tentang Islamofobia serta hak-hak Palestina.

Dia dan saudara perempuannya, Gigi Hadid, berbagi postingan menentang ketidakadilan Palestina dan mengecam sikap pasif dalam menghadapi agresi Palestina. Ini memicu kontroversi bagi Hadid karena akun Twitter resmi Israel membelokkan narasi dan mengklaim dia mendukung anti-Semitisme. Pendirian Hadid lantas berubah menjadi netral, yang diasumsikan oleh warganet, karena hubungannya dengan Dior terancam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement