Sabtu 05 Mar 2022 03:05 WIB

Catat Tanggal Nisfu Syaban, Ini Keutamaannya

Malam nisfu Syaba dianggap spesial bagi umat Islam karena memiliki banyak keutamaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ribuan umat Islam memadati halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin untuk melaksanakan malam peribadatan Nisfu Syaban menjelang datangnya bulan Ramadhan 1432 H yang dipimpin KH Ahmad Bakeri, Sabtu (16/7). Usai melaksanakan peribadatan malam Nisfu S
Foto: ANTARA/Herry Murdy Hermawan
Ribuan umat Islam memadati halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin untuk melaksanakan malam peribadatan Nisfu Syaban menjelang datangnya bulan Ramadhan 1432 H yang dipimpin KH Ahmad Bakeri, Sabtu (16/7). Usai melaksanakan peribadatan malam Nisfu S

REPUBLIKA.CO.ID,  JaKARTA -- Selama 12 bulan penanggalan Islam, Syaban menempati urutan kedelapan. Sedangkan malam Nisfu Syaban bertepatan pada 15 Syaban. Malam ini dianggap spesial bagi umat Islam karena memiliki banyak keutamaan. Tahun ini, malam nisfu Syaban jatuh pada 18 Maret 2022 mendatang.

Di antara keutamaan malam Nisfu Syaban adalah dikabulkan segala doanya dan dan mendapatkan pahala yang melimpah. Pada malam yang mulia ini, Allah juga akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan.

Baca Juga

Berdasarkan hadits dari Mu’adz bin Jabal, Nabi Muhammad SAW bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ إِلَى جَمِيعِ خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

Kemudian, dalam sebuah hadits dari Abdullah bin Amr juga dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

يَطَّلِعُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا اِثْنَيْنِ مُشَاحِنٍ وَقَاتِلِ نَفْسٍ

“Allah azza wa jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nishfu Syaban, Dia mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa.”

Meskipun hadits-hadits tersebut dinilai dhaif, tapi terdapat riwayat dari generasi tabiin bahwa mereka diketahui gemar menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan sholat sunah.

Sementara itu, Ulama asal Turki Badiuzzaman Said Nursi menjelaskan, malam Nisfu Syaban merupakan benih suci untuk seluruh tahun dan program untuk takdir manusia, maka kesuciannya sama dengan lailatul qadar.

Dikutip dari buku Biografi Said Nursi, pahala amal ibadah yang dilakukan pada malam Nisfu Syaban bisa berlipat ganda sampai 20 ribu kali lipat. “Sebagaimana kebaikan pada lailatul qadar pahalanya berlipat ganda sampai tiga puluh ribu kali lipat, maka setiap amal saleh yang dilakukan pada Malam Nisfu Sya’ban ini dan setiap huruf Alqur’an yang dibaca pahalanya berlipat ganda sampai 20 ribu kali lipat,” jelas Nursi.

Bulan Syaban memang mempunyai kekhususan sendiri yang didapat berdasarkan hadits-hadits Nabi. Bulan Syaban seolah menjadi awal mula untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Karena itu, umat Islam perlu menyiapkan bekal ibadah untuk menyambut bulan suci tersebut.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement