Senin 28 Feb 2022 12:18 WIB

Tiga Nasihat di Peristiwa Isra Miraj

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Infografis Tiga Hal Penting dalam Isra Miraj
Foto: Infografis Republika
Infografis Tiga Hal Penting dalam Isra Miraj

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Buya Amirsyah Tambunan, menyampaikan, Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Pada peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan agung menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT.

"Setiap tahun umat Islam seluruh dunia peringati peristiwa ini. Karena merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam," kata Buya Amirsyah melalui pesan tertulis kepada Republika, Senin (28/2/2022).

Baca Juga

Sekjen MUI ini menyampaikan pesan kepada segenap umat Islam di momen peringatan Isra Miraj ini. Pertama, tingkatkan kualitas spiritual karena peristiwa Isra dan Miraj merupakan peristiwa yang menakjubkan ketika Allah memperjalankan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dan dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Buya Amirsyah menegaskan, kecepatan perjalanan Isra Miraj telah melampaui kecepatan teknologi yang ada saat ini. Maka dari peristiwa yang menakjubkan ini seharusnya membuat para ilmuan terus melakukan kajian teknologi yang sejalan dengan perinsip ajaran Islam.

Menurutnya, memang kemampuan akal sehat memahami peristiwa Isra Miraj sangat terbatas. Sehingga butuh dasar spiritual untuk meyakini peristiwa tersebut. 

Pesan selanjutnya dari Sekjen MUI di momen peringatan Isra Miraj ini adalah agar umat Islam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagaimana diketahui Isra adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa dalam waktu yang singkat meski jaraknya diperkirakan mencapai sekitar 1.239 Km.

"Waktu itu, diperkirakan perjalanan 1.239 Km tersebut bisa ditempuh dengan memakan waktu satu bulan dengan menggunakan kuda atau unta," jelasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement