Sabtu 26 Feb 2022 05:48 WIB

TGB Buka Suara Soal Pengeras Suara Masjid

TGB yakin Menag bermaksud baik soal pedoman pengeras suara masjid.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 TGB Buka Suara Soal Pengeras Suara Masjid. Foto:  Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
TGB Buka Suara Soal Pengeras Suara Masjid. Foto: Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia, TGB HM Zainul Majdi turut buka suara menanggapi munculnya surat edaran dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas tentang pengeras suara masjid dan mushalla. 

TGB yakin Menag memiliki niat baik untuk membuat regulasi tersebut. Apalagai, menurut dia, Menag merupakan seorang tokoh dari organisasi Islam yang terbesar di Indonesia.

Baca Juga

"Kemudian juga putra dari seorang ulama besar Almaghfurlah Kiai Cholil Bisri Rembang. Jadi, niat beliau pasti baik, itu yang pertama," ujar TGB dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/2/2022).

Yang kedua, lanjut dia, dari surat edaran itu memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebagai bahan untuk mengkoreksi, kata dia, salah satu kaidah paling mendasar di dalam membuat suatu kebijakan publik itu adalah imparsialitas.

 

"Artinya rata, seimbang, adil, tidak memihak. Karena itu kalau ingin menciptakan pengaturan maka seharusnya yang diatur itu bukan hanya masjid dan mushalla," ucap TGB.

Ketua Umum PB Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah (NWDI) ini menjelaskan, pengeras suara tak hanya digunakan di mushalla dan masjid. Pengeras suara juga dipakai di tempat ibadah yang lain. Menurut dia, ada momen-momen di mana acara ritual keagamaan itu juga mengeluarkan suara yang cukup besar.

"Sehingga menurut saya kalau memang mau membuat satu surat edaran untuk mengatur penggunaan pengeras suara di rumah ibadah jauh lebih baik tidak hanya menyangkut masjid dan mushalla," kata TGB.

Menurut TGB, hal ini penting agar tidak kemudian menciptakan kesan bahwa seakan-akan yang berpotensial mengganggu ketenangan atau ketentraman itu hanya suara yang keluar dari masjid dan mushalla saja. Sementara, kata dia, rumah ibadah non Islam itu juga mengeluarkan suara kidung-kidung, lagu-lagu pujian, dan lagu-lagu keagamaan.

Di banyak tempat di Indonesia ini, menurut TGB, sesungguhnya masjid itu tidak hanya tempat berkumpul untuk sholat. Pengeras suara masjid itu juga tidak hanya digunakan untuk azan dan iqamat saja, tapi rata-rata masyarakat juga menggunakannya di masjid untuk kegiatan lainnya.

"Sehingga dari pengeras suara di masjid itu digunakan untuk mengumumkan ada kematian kemudian kalau ada kegiatan gotong royong, dan ada kegiatan kemasyarakatan lainnya," jelas TGB.

TGB mengatakan, pengeras suara masjid atau mushalla juga memiliki fungsi sosial budaya. Menurut TGB, di daerah-daerah seperti di NTB  justru pengeras suara masjid itu bukan mengganggu, tapi justru menjadi rujukan dari masyarakat di desa.

"Karena di situ sekali lagi bisa juga digunakan untuk banyak pengumuman-pengumuman yang menjadi perhatian dari masyarakat," ujar TGB.

Menurut dia, yang justru bermasalah adalah di perkotaan. Karena, di perkotaan tidak hanya satu agama. Seperti di Jakarta, penduduknya heterogen memungkinkan pengeras suara masjid untuk diatur.  

Meski begitu, lanjut TGB, pengaturan ini lebih baik diserahkan kepada kearifan bersama melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Misalnya, untuk daerah-daerah tertentu yang masyarakatnya sangat heterogen, pengeras suaranya perlu diatur.

"Diserahkan kepada FKUB untuk kemudian membuat kesepakatan bersama. Kesepakatan itu lahir dan dibicarakan di tingkat masyarakat dan disepakati itu akan jauh lebih mudah diterima," ujar TGB

Dia menambahkan, di NTB yang dikenal dengan Pulau Seribu Masjid, suara dari masjid sangat dirindukan. Suara itu justru menjadi penyejuk dan tidak ada yang merasa terganggu. 

"Bila hal ini berkenan dikoreksi menjadi hal bagus, sehingga tidak terkesan hanya menyasar kepada masjid dan mushalla," jelas TGB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement