Sabtu 19 Feb 2022 18:07 WIB

Menara Masjid di Oldham Inggris Nyaris Runtuh Dihantam Badai Eunice

Saat ini terlalu berbahaya untuk dilakukan pekerjaan perbaikan karena angin kencang.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Sebuah menara Masjid Greengate Jamia di Oldham, Inggris, nyaris runtuh karena dihantam angin kencang selama Badai Eunice.
Foto: ASP
Sebuah menara Masjid Greengate Jamia di Oldham, Inggris, nyaris runtuh karena dihantam angin kencang selama Badai Eunice.

REPUBLIKA.CO.ID, OLDHAM -- Sebuah menara masjid di Oldham, Inggris, nyaris runtuh karena dihantam angin kencang selama Badai Eunice. Polisi dilaporkan telah memasang garis pembatas sepanjang 50 meter di sekitar Masjid Greengate Jamia di Greengate Street guna menghindari bahaya runtuhnya menara tersebut.

Sementara itu, warga sekitar juga telah diberitahu agar tetap tinggal di dalam rumah karena Badai Eunice yang melanda negara itu. Petugas polisi mengetuk rumah-rumah di dekat masjid dan menyarankan orang-orang untuk tetap berada di dalam rumah.

Baca Juga

Sekretaris masjid tersebut, Navaid Afzal mengatakan kepada Manchester Evening News saat ini terlalu berbahaya untuk dilakukan pekerjaan perbaikan. Pasalnya, bagian atas menara terbuat dari fiberglass dan berada dalam posisi berbahaya dan sulit.

"Menara saat ini saat ini tergantung dengan sudut sekitar 45 derajat. Tidak mungkin meminta seseorang ke sana dalam cuaca seperti ini. Saat ini, kami sedang menunggu cuaca membaik dan kemudian menilai kerusakannya," kata Afzal, dilansir di Manchester Evening News, Sabtu (19/2/2022).

Adapun untuk sholat di malam hari, Afzal mengatakan itu diadakan di Greengate Islamic College terdekat. Dewan Oldham mengonfirmasi polisi telah memberlakukan penjagaan di tempat kejadian. Selain itu, dewan mengatakan penduduk telah diajak bicara dan diminta tetap berada di dalam rumah.

Badai Eunice dilaporkan telah menghancurkan Greater Manchester, menumbangkan pohon dan menyebabkan kerusakan pada mobil dan gangguan pada jalan dan kereta api. Sementara itu, peringatan cuaca kuning untuk angin kencang masih berlaku di Greater Manchester hingga pukul 21.00 waktu setempat.

Peringatan Kantor Meteorologi menyatakan ada kemungkinan lebih besar puing-puing yang beterbangan dapat mengakibatkan bahaya bagi kehidupan, dan kemungkinan besar akan terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement