Rabu 16 Feb 2022 05:13 WIB

4 Amalan Termudah Raih Keberkahan

Banyak cara bagi setiap Muslim untuk meningkatkan kedekatannya kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Amalan Ilustrasi. Banyak cara bagi setiap Muslim untuk meningkatkan kedekatannya kepada Allah SWT.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan Ilustrasi. Banyak cara bagi setiap Muslim untuk meningkatkan kedekatannya kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara bagi setiap Muslim untuk meningkatkan kedekatannya kepada Allah SWT. Untuk melakukannya pun sebetulnya mudah bagi setiap Muslim.

Salah satunya ialah dengan bersedekah. Namun sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan uang, tetapi dengan hal yang paling ringan, yaitu senyuman.

Baca Juga

Karena itu, setiap Muslim harus berusaha semaksimal mungkin untuk bersedekah setiap hari. Baik itu dengan uang, atau bahkan dengan senyuman kepada rekan kerja atau orang lain.

Atau, yang teringan adalah bisa dengan menyebarkan pesan-pesan kebaikan dalam Islam misalnya sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW, melalui aplikasi WhatsApp. Yang terpenting adalah bersedekah dengan amal sholeh.

Cara kedua yaitu dengan menjaga lisan kita dari berbagai bentuk fitnah. Sebab, sejatinya ini adalah pintu kecemasan di dunia dan pintu adzan di akhirat.

Selanjutnya, yakni dengan rajin melaksanakan sholat witir sebelum tidur. Sholat witir adalah anjuran terbaik untuk senantiasa dilakukan setiap Muslim. Tentu mudah menunaikannya, karena sholat ini bisa dilakukan cukup dengan minimal satu rokaat.

Langkah terakhir, yang bisa membuat seorang Muslim semakin dekat dengan Allah SWT, yaitu rutin membaca dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah setiap malam.

Dengan Alquran, sebagai mukjizat yang diturunkan kepada Nabi SAW, cukup membuat setiap Muslim terhindar dari kecemasan, kezaliman, penindasan, dan kejahatan setan serta manusia. Termasuk memberikan perlindungan seorang hamba dari malapetaka.

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca kedua ayat dari akhir surat Al-Baqarah di malam harinya, maka kedua ayat itu mencukupinya." (HR Bukhari)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement