Sabtu 15 Jan 2022 17:47 WIB

BREAKING NEWS Habib Lutfi Mundur dari Mustasyar PBNU

Habib Lutfi mundur dari kepengurusan PBNU karena fokus ke Jatman

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya. Habib Lutfi mundur dari kepengurusan PBNU karena fokus ke Jatman
Foto: Edi Yusuf/Republika
Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya. Habib Lutfi mundur dari kepengurusan PBNU karena fokus ke Jatman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Habib Muhammad Lutfi bin Yahya mengundurkan diri sebagai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2022-2027. 

Informasi mundurnya Habib Lutfi dari PBNU dibenarkan Habib Muhdor Ahmad yang merupakan orang terdekat dan kepercayaan Habib Luthfi bin Yahya. 

Baca Juga

Dalam keterangan yang diperoleh Republika,co.id, menyebutkan bahwa Habib Lutfi  memerintahkan untuk menyampaikan kepada Rois Am PBNU terpilih yakni KH Miftachul Akhyar bahwa Habib Lutfi mundur diri dari jabatan Musytasyar PBNU.

"Betul (Habib Lutfi mengundurkan diri dari Musytasyar PBNU). Secara tertulis belum dilayangkan surat resmi dari beliau, tapi secara lisan berdasar penuturan beliau demikian," kata Habib Muhdor saat dikonfirmasi Republika,co.id pada Sabtu (15/1/2022).

Kendati demikian Habib Muhdor tidak mengetahui pasti apakah Habib Lutfi mundur permanen atau sementara. Menurutnya bila Habib Lutfi mundur permanen dari jabatan Musytasyar PBNU maka harus ada surat pengunduran diri. 

Habib Muhdor juga membantah bahwa keputusan mundur Habib Lutfi karena kecewa dengan muktamar NU ke-34 di Lampung 

"Tidak, beliau justru dengan penuh kesabaran di Lampung menunggu hingga usia, yang dipikirkan bagaimana muktamar berjalan dengan  lancar, aman tidak ada masalah, alhamdulilah terwujud," katanya.

Habib Muhdor mengajak umat Muslim khususnya warga Nahdliyyin untuk mendoakan Habib Lutfi dan NU.

"Mari kita doakan beliau semoga diberi oleh Allah sehat walafiat panjang umur dan agar terus dapat berkhidmat kepada bangsa, negara, umat, khususnya Nahdlatul Ulama, lewat Jatman sebagai banom NU," katanya. 

Sebelumnya, beredar di media sosial pesan berantai yang belakangan terkonfirmasi dari Habib Lutfi sebagai berikut: 

Assalamu ‘alaikum Wr Wb.

Dengan hormat tolong sampaikan kepada rois syuriyah bahwa saya habib Muhammad lutfi bin Ali bin Yahya mengundurkan diri dari jabatan musytasyar NU 2022-2027. Seandainya sebelumnya ada pemberitahuan pun saya tetap mengundurkan diri. Terima kasih dan mohon maaf.

Wassalamu ‘alaikum Wr Wb.

Pekalongan,Sabtu 15 Januari 2022.

Hormat kami

Habib Muhammad Lutfi bin Ali bin Yahya.  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement