Rabu 12 Jan 2022 19:19 WIB

Pentingnya Mengenalkan Ilmu Robotik di Pesantren

Untuk mengenalkan ilmu robotik, diperlukan desain dan konsep pembelajaran menarik.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Robot (ilustrasi)
Foto: VOA
Robot (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Head of Academic Racer Robotic,  Aji Endro Cahyono mengatakan, robotik telah menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam kehidupan umum hingga tatanan pendidikan. Edukasi robotik juga merupakan modal bagi setiap lembaga pendidikan, termasuk pesantren, dalam merespon kemajuan zaman dan menjadi pemicu motivasi santri untuk mengasah kemampuan di bidang teknologi dan informasi. 

“Pengadaan edukasi dan kegiatan robotik ini dapat menjadi media untuk mengasah kemampuan anak untuk berpikir kritis, kreatif, dan memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan di lingkungan sekitar mereka,” kata Aji yang menjadi salah satu pembicara dalam webinar. 

Baca Juga

Untuk mengenalkan ilmu robotik, kata Aji, diperlukan desain dan konsep pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Maka setidaknya diperlukan lima strategi dalam mengembangkan pendidikan robotik di sekolah maupun madrasah dan pesantren. 

Pertama, pengajaran yang gratis dan memiliki visualisasi yang menarik. Hal ini diperlukan agar anak-anak senang dan tertarik untuk mempelajari robotik. Kedua, memiliki sistem yang pintar dan unik, dengan mengandalkan paparan edukasi yang praktis dan modul sensor yang efisien.

“Melalui sistem pintar ini, anak-anak tidak perlu berkutat dengan solder atau tahap-tahap yang berbahaya karena robot edukasi sudah mengandalkan sistem pintar yang aman dan mudah digunakan oleh anak,” ujarnya.  

Ketiga, pastikan bahwa seluruh proses dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. Aji mengatakan, untuk menarik minat anak mempelajari ilmu robotik maka perlu dipastikanbahwa seluruh proses pembuatan robot tidak menyulitkan dan aman bagi anak.

“Disini kami menggunakan bahan-bahan yang aman, juga modul sensor yang praktis. Kode program juga disajikan dalam bentuk ikon sehingga anak-anak tidak perlu bingung atau merasa sulit dalam pembuatan robot pintar,” ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement