Rabu 29 Dec 2021 09:52 WIB

Pemberontakan Tambun 1869 dan Kisah Maestro Lukis Keturunan Arab Raden Saleh

Kisah perlawanan rakyat di Tambun dan bapak pelukis Indonesia Raden Saleh

Narapidana dengan tangan terikat rantai di bawa ke tiang gantungan untuk menjalani hukuman mati pada masa kolonial Belanda.
Foto: ridwan saidi
Narapidana dengan tangan terikat rantai di bawa ke tiang gantungan untuk menjalani hukuman mati pada masa kolonial Belanda.

IHRAM.CO.ID, Oleh Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi

Seperti ditulis Sartono Katodirdjo dalam buku Pemberontakan Banten, sosok dalang pemberontakan Tambun adalah Rama, lengkapnya Rama Ratujaya.

Ratujaya nama tempat di Depok merujuk makam Kiranawati di situ. Kiranawati dijuluki Ratujaya. Tukang babad jodohkan beliau yang sudah lama almarhumah dengan salah seorang raja Sunda. Kiranawati penari. Time line Kiranawati sulit dilacak, paling-paling dalam masa kejayaan ekonomi lokal sekitar XV-XVI M 

Rama tokoh lokal yang popularitasnya sampai Tambun, Bekasi. Ia dianggap sejarawan. Dalam catatan intel Belanda pelukis Raden Saleh beberapa kali berkunjung ke Ratujaya jumpa Rama.

Pemberontakan bermula dari serangan rakyat Tambun dipimpin Rama terhadap kantor asisten residen di Tambun. Dalam serangan itu asisten residen yang orang Belanda dan tiga lainnya mati. 

Belanda membalas menyerang kantong-kantong pejuang. Banyak yang tewas, termasuk Rama, dan sebanyak 33 orang ditangkap.

Raden Saleh (lengkapnya bernama Raden Saleh Sjarif Boestaman) menjalani onderzoek, pemeriksaan. Tidak terbukti Raden Saleh yang juga keturunan Arab terlibat. Namun, aneh, Raden Saleh meninggalkan Jakarta dan seluruh propertinya ia tinggalkan. Ia memilih berdiam di Bogor hingga wafatnya.

photo
Keterangan foto: Maestro pelukis Indonesia, Raden Saleh Sjarif Boestaman. - (wikipedia)
 

 

Tanah dan bangunan peninggalan Raden Saleh di Jakarta di antaranya kini menjadi area kompleks kesenian Taman Ismail Marzuki. Luas tanah ini memanjang dari jalan Cikini Raya hingga ujung jalan yang sekarang dikenal sebagai Jalan Raden Saleh. Di sana berdiri berbagai macam bangunan mulai dari sekolah, perkantoran, hotel, restauran, masjid, hingga Rumah Sakit PGI.

Area yang ditinggalkan Raden Saleh memang sangatlah luas. Lahan tanah itu berada dibilangan Cikini, Menteng, yang juga menjadi salah satu wilayah 'premium' Jakarta. Harga tanah di sana per meter sangatlah mahal. Dahulu kompleks Taman Ismail Marzuki adalah Kebun Binatang Raden Saleh, sang maestro pelukis Indonesia. Lukisan Raden Saleh yang sangat ikonik dan kini tersimpan di Istana Negara adalah lukisan tentang 'Penangkapan Pangeran Diponegoro. Dia sendiri merupakan menantu dari sang pangeran dari Yogyakarta yang mengobarkan Perang Jawa pada 1825-1830.

photo
Keterangan foto: Penangkapan Diponegoro, salah satu lukisan Raden Saleh yang menjadi masterpiece - (Wikipiedia)

 

Sebanyak 33 orang pelaku pemberontakan divonis mati. Eksekusi di lapangan Mester. Terpidana gantung dibagi dalam tiga kloter. Setiap kloter 11 orang. Yang lain menunggu sambil melihat rekan-rekannya digantung. "Abis ini giliran kité déh," kata mereka saling bisik.

Ketika jenazah kloter satu diturunkan, tiba-tiba muncul utusan Gubernur Jenderal. Ia datang berkuda. Lalu ia keluarkan lembar kertas dan dibacanya depan polisi, algojo dan terpidana yang mendengarkan dengan tegangan tinggi:

Ternyata, baru saja dateng surat Baginda Ratu yang menitahken bahwa terhitung tanggal maklumat ini hukuman mati dihapusken

Terpidana mau tepuk tangan tidak bisa karena tangannya diranté. Algojo dan polisi frustrasi. Penonton menangisi yang telanjur digantung.(Lihat buku Sartono Kartodirdjo:Pemberontakan Petani Banten).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement