Rabu 22 Dec 2021 07:58 WIB

Masjid Raya Sumatra Barat Menang Desain Masjid Terbaik Dunia

Penghargaan ini membuktikan karya arsitek Indonesia diakui dunia.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Raya Sumatera Barat Menang Desain Masjid Terbaik Dunia. Suasana Masjid Raya Sumbar di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/11/2021).  Masjid ini mampu menampung sekitar 20.000 jemaah yang terdiri dari 3 lantai. Alih-alih memiliki kubah, masjid kebanggaan warga Sumbar ini memiliki desain mirip rumah gadang.
Foto:

"Nah poinnya adalah karya-karya Indonesia ini sekarang bisa diakui dunia," ujar Emil.

Principal Urbane Indonesia Reza Achmed Nurtjahja mengatakan dihubungi oleh panitia dari Abdullatif Al Fozan Award dan diminta mengirimkan desain masjid yang telah dibangun pada 2010 itu. Desain karya Rizal memenangkan sayembara desain Masjid Raya Sumatera Barat sebelum dilirik oleh Abdullatif Al-Fozan Award.

“Kami dikontak oleh panitia dan diminta menyerahkan desain Masjid dari tahun 2010. Mungkin mereka pernah melihat artikel yang membahas masjid Al Irsyad di sebuah majalah arsitektur Asia,” kata Reza. 

Mengutip dari situs Abdullatif Alfozan Award, ajang penghargaan ini pertama kalinya diselenggarakan pada 2011. Sejak saat itu Abdullatif Al Fozan award telah berlangsung sebanyak tiga kali. 

Tiga tahun kemudian, penghargaan ini mulai mencakup desain masjid yang ada di negara-negara Teluk. Di tahun ketiga pada 2017, cakupan peserta meluas hingga ke negara-negara lain dengan penduduk Muslim. 

Baca juga : Peserta Muktamar NU Saksikan Pembukaan Secara Daring

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement