Selasa 14 Dec 2021 16:41 WIB

Gotong Royong untuk Semeru

Masyarakat penyintas tidak sendiri

Bantu korban bencana erupsi Semeru
Foto: Ist
Bantu korban bencana erupsi Semeru

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG - Bencana silih berganti menyapa Indonesia.  Erupsi Gunung Semeru di Lumajang menelan puluhan korban jiwa  dan sekitar 9.977 orang mengungsi.

Masyarakat penyintas tidak sendiri. Rakyat Indonesia bahu membahu menyalurkan bantuan melalui lembaga sosial kemanusiaan diantaranya YBM BRI, Baitulmaal Muamalat (BMM) dan Nusantara Palestina Center (NPC). YBM BRI sejak awal sudah menyalurkan bantuan kebutuhan dasar penyintas seperti  survival kits, bahan makanan pokok, perlengkapan kebutuhan wanita dan balita, serta selimut.

Executive Vice Presiden YBM BRI Sepyan Uhyandi mengatakan, YBM BRI yang memenangkan penghargaan Fundraising Zakat Berbasis Perusahaan Terbaik Indonesia Fundraising Award (IFA Award) juga membuat Tim Layanan Kesehatan Bergerak yang berperan aktif mendatangi penyintas. 

Banyaknya penyintas yang masih terjebak dalam kondisi sakit, membuat Tim Layanan Kesehatan Bergerak berperan aktif untuk mendatangi penyintas. Menurutnya, tim melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendistribusian obat – obatan ke sejumlah rumah warga dan posko pengungsian. "Tim sudah melayani lebih dari 500 pasien yang mayoritas usia dewasa dan lansia,"ujar dia lewat keterangan tertulis kepada Republika.co.id.

Lembaga pendukung gerakan fundraising IFA Award 2021, NPC, juga melakukan aksi untuk bencana Semeru. Founder NPC, Abdillah Onim, mengatakan, anak Palestina penghafal Quran di Halaman Masjid Daarut Tauhid Indonesia kota Deir Balah Gaza Tengah, gelar doa bersama untuk korban Erupsi Semeru Lumajang Jawa Timur Indonesia. "NPC juga mendistribusikan bantuan di Lumajang bekerja sama dengan Sekolah Relawan,"ujar pria yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Onim. 

Adapun BMM menyalurkan paket sembako untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Direktur Eksekutif BMM, Novi Wardi mengatakan, paket sembako sangat dibutuhkan paska bencana terjadi. Lembaga yang baru memenangkan penghargaan Fundraising Program Wakaf Berbasis Perusahaan Terbaik IFA Award ini juga berkolaborasi dengan berbagai mitra dalam rangka aksi tanggap bencana dengan melakukan penyaluran bantuan untuk para korban erupsi semeru.

 

photo
Bantu korban bencana erupsi Semeru - (Ist)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement