Jumat 10 Dec 2021 05:20 WIB

Liga Sepak Bola Pemain Diamputasi di Gaza Bantu Atasi Trauma

Gaza adalah rumah bagi sekitar 1.600 orang yang diamputasi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Liga Sepak Bola Pemain Diamputasi di Gaza Bantu Atasi Trauma. Pemain sepak bola Palestina yang diamputasi berlatih di Stadion Palestina di Gaza City, 5 Desember 2021.
Foto:

Sayangnya, perang dan kerusuhan yang terjadi pada beberapa tahun terakhir telah menyediakan ratusan calon potensial. Gaza adalah rumah bagi sekitar 1.600 orang yang diamputasi dari populasi lebih dari dua juta.

Hamas mengorganisir protes kekerasan di sepanjang perbatasan yang dijaga ketat dengan Israel selama beberapa bulan pada 2018 dan 2019 dengan tujuan mengurangi blokade Gaza. Ribuan orang datang setiap Jumat dan banyak dari mereka didatangi oleh Hamas. Para pengunjuk rasa membakar ban, melemparkan batu dan bom api, dan banyak yang mencoba menerobos pagar keamanan.

Dilansir Al Arabiya, Kamis (9/12), penembak jitu Israel di balik tanggul pasir di sisi lain pagar menembakkan peluru tajam, peluru berlapis karet, dan gas air mata. Mereka biasanya membidik kaki, menyelamatkan nyawa para demonstran, tetapi sering membuat mereka cacat permanen. Banyak yang ditembak jauh dari pagar perbatasan.

Lebih dari 200 warga Palestina tewas dan lebih dari 8.000 orang terluka oleh tembakan langsung. Menurut Kelompok Hak Asasi Israel dan Palestina, setidaknya ada 155 menjalani amputasi.

Kelompok hak asasi menuduh Israel menggunakan kekuatan berlebihan dan gagal meminta pertanggungjawaban tentaranya atas kematian dan cedera serius. Sementara Israel mengatakan pasukannya bertindak untuk mencegah ribuan warga Palestina melintasi perbatasan.

 

https://english.alarabiya.net/News/middle-east/2021/12/08/New-football-league-helps-Gaza-amputees-cope-with-war-trauma-of-injuries-hardships

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement