Selasa 07 Dec 2021 19:43 WIB

2  Alquran Kuno Ditemukan di Perpustakaan Sekolah Turki 

Alquran kuno di perpustakaan sekolah Turki berusia ratusan tahun

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran kuno di perpustakaan sekolah Turki berusia ratusan tahun. Ilustrasi alquran
Foto: iqna.ir
Alquran kuno di perpustakaan sekolah Turki berusia ratusan tahun. Ilustrasi alquran

REPUBLIKA.CO.ID, TOKAT – Sebanyak dua salinan manuskrip Alquran kuno ditemukan di perpustakaan sebuah sekolah di distrik Zile, Tokat, Turki. Alquran itu diperkirakan berusia 700 tahun dan satunya 400 tahun.  

Seperti dilansir Iqna.ir pada Selasa (7/12) Direktur Pendidikan Nasional Provinsi Tokat, Murat Kucukali, mengatakan dua mushaf Alquran yang ditemukan itu akan dikirim ke Direktorat Yayasan Turki untuk ditindak lanjuti.  

Baca Juga

"Manuskrip Alquran ditulis tangan. Salah satunya berusia 700 tahun, dan para ahli memperkirakan yang lain berusia sekitar 400 tahun karena tanggal dari halamannya hancur," kata Murat. 

Dia mengatakan dua Alquran bersejarah itu ditemukan di arsip perpustakaan SMA Zile Imam Hatip. 

 

Menurutnya pihak berwenang langsung mengamankan dua Alquran itu untuk mencegah terjadinya kerusakan. 

Pihaknya pun segera menghubungi Direktorat Wilayah Yayasan. Karya-karya itu akan dikirim ke direktorat.  

"Artefak daun emas ini sangat berharga bagi kami. Para ahli telah memperkirakan nilainya. Itu sebabnya mereka segera dilindungi. Buku-buku itu juga penting dalam hal hadits yang tertulis di pinggirnya," katanya. 

Beberapa waktu lalu penemuan Alquran berusia ratusan tahun juga ditemukan di kota Koya. Proyek “tidak ada sekolah tanpa perpustakaan” digagas Kementerian Pendidikan Nasional. Pekerjaan berlanjut tanpa gangguan.  

"Alasan mengapa kami mengirimkan karya ke Direktorat Jenderal Yayasan adalah bahwa usia karya berarti, mereka harus berada di bawah perlindungan organisasi. Mereka akan disimpan di Mevlevihane," katanya.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement